Pemerintah Canangkan Pembangunan Bandara Komersial di Pesisir Pantai Selatan

GARUT,(GE).- Kawasan selatan Garut belakangan mendapatkan perhatian serius dari pemerimntah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal ini seiring dengan pertumbuhan ekonomi kawasan pesisir pantai ini. Berbagao penunjang sepert infrastruktur terus dibenahi.

Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut, Bambang Heri Susanto, menyebutkan pemerintah pusat bahkan telah merencanakan untuk membangun sebuah bandara di wilayah selatan Garut.

“Pemerintah pusat memang telah memasukan wilayah selatan Kabupaten Garut dalam perencanaan pembangunan bandara dan landasan pesawat komersial,” ujanya, beberapa hari yang lalu.


Dikatakannya, pembangunan bandara tersebut direncanakan akan dilaksanakan di wilayah milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang masuk di kawasan Kecamatan Cikelet. Namun nantinya bandara tersebut tidak diperuntukan bagi pesawat berukuran besar akan tetapi hanya untuk pesawat kecil yang hanya mengangkut beberapa orang, atau hanya untuk mengangkut hasil perikanan saja.

“Bukan untuk pesawat besar sebagaimana biasa kita lihat di bandara-bandara besar. Bandara yang akan dibangun di Cikelet itu khusus untuk pesawat kecil untuk mengangkut beberapa orang atau ikan saja,” katanya.

Menurutnya, pembangunan kawasan transportasi udara itu merupakan program dalam mendorong perekonomian di wilayah selatan Garut.  Selain rencana membangun bandara, di sepanjang jalur pesisir pantai selatanjuga akan dibangun beberapa terminal, pusat pariwisata di Rancabuaya dan pembangunan rumah sakit. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI