Pembuatan e-KTP “Riweuh,” Setelah Menunggu Lama Fotonya Malah Tertukar

KARANGPAWITAN, (GE)- Alih alih segera mendapatkan KTP elektronik guna kepentingan pengurusan dministrasi, Lena Rosdiana, warga Kampung Bojot, Desa Situsari, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut malah dibuat kaget. Pasalnya, pada e-KTP yang diterimanya dari kantor Catatan Sipil, Kamis (1/9/2016), terdapat kekeliruan cukup fatal, yakni pada foto yang tertera, malah tertukar dengan foto orang lain.

Dikatakannya, dirinya sudah menanti cukup lama untuk mendapatkan e-KTP  tersebut. Ia mengaku sekitar 4 bulan lalu menunggu prosesnya. Ia melakukan proses rekam di Kecamatan Wanaraja, namun karena alasan kekosongan blanko. Namun, setelah e-KTP diterima dari Kantor Capil, Lena malah kebingungan, foto yang tertera bukan fotonya.

” Jadi bingung kumaha ieu teh asa riweuh. Sudah menungu lama, pas jadi kok fotonya jadi tertukar begini, ” Ujar Lena, kebingungan.

Gara-gara kejadian ini, Lena belum sempat konfirmasi lagi ke kantor Catattan Sipil. Kekeliruan ini cukup fatal. Ia mengaku khawatir jika tidak diperbaiki, dapat berpengaruh pada kepentingan pengurusan administrasi nantinya.

Asep Maolana, suami Lena, mengatakan kejadian serupa ini, bukanlah kali pertama terjadi. Kebetulan suami Lena tersebut, seorang pegawai Pemerintahan Desa yang sudah terbiasa mengurusi soal proses pembuatan KTP ke Kantor Capil Garut.

Namun demikian, dirinya cukup memaklumi dengan terjadinya kekeliruan seperti ini. Menurutnya wajar karena banyaknya jumlah pemohon ditambah pada September ini sedang dilaksanakan program e-KTP gratis.

” Saya berharap kejadian seperti terjadi pada istri saya, tidak terjadi lagi. Terlebih yang bersifat fatal seperti ini. Saya sempat kaget juga wajah istri saya berubah menjadi nenek nenek. Entah tertukar dengan siapa, padahal istri saya masih cukup segar, belum setua itu.” Guraunya. (DoniMelody)***