Pembangunan Puskesmas Tarogong Menelan Anggaran Rp 2 Miliar

TARKAL, (GE).- Guna meningkatkan jasa layanan kesehatan masyarakat, Puskesmas Tarogong merehabilitasi sejumlah bangunannya. Pembangunan Puskesmas tersebut menelan anggaran Rp 2 Miliar yang dialokasikan dari APBD 2016.

Kepala BLUD Puskesmas DTP Tarogong, dr H. Eddy Kusmayadi mengatakan, BLUD Puskesmas DTP Tarogong selama ini, juga memiliki fleksibilitas pengelolaan keuangan. Sehingga bisa menunjang peningkatan kualitas jasa layanan kepada masyarakat.

Dengan berbasiskan fleksibilitas pengelolaan keuangan tersebut, dapat secara langsung menanggulangi ragam pemenuhan kebutuhan mendesak. Karena pendapatan jasa Puskesmas bisa langsung dikelola sendiri sehingga tak lagi menempuh proses panjang pengusulan kebutuhan alokasi anggaran.

Pada tahun anggaran 2015 lalu, dari target Rp 1,6 miliar pendapatan BLUD Puskesmas DTP Tarogong, berhasil terealisasi Rp 1,8 miliar. Di antaranya diperuntukan apabila terdesak perlu segera memenuhi kebutuhan ragam jenis obat-obatan, termasuk kebutuhan kemasannya masing-masing, juga pemenuhan kebutuhan “alat kesehatan” (Alkes).

Sedangkan pada tahun anggaran 2016 ini, pendapatannya ditargetkan Rp 1,8 miliar. Namun hingga akhir Mei 2016 bisa terealisasi Rp 1,2 miliar. Sehingga Puskesmas Tarogong dinilai perlu untuk segera meningkatkan pelayanan dengan bentuk sarana. Maka di tahun ini, ini dibangunlah perbaikan saran yang menelan anggaran hingga Rp 2 Miliar. (Farhan SN)***