Pelatihan KPMD Digelar Kementrian Desa di Garut

Malangbong,(GE).-Kementrian Desa menggelar pelatihan kader pemberdayaan masyarakat desa. Pelatihan tersebut dilaksanakan karena selama ini peran pendamping desa dirasa masih belum tersosialisasikan.

Acara tersebut digelar di Kantor Kecamatan Malangbong, Garut, Kamis (13/7). Acara tersebut dihadiri sejumlah masyarakat dari beberapa desa  di sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut. Kepala Balai Pelatihan Masyarakat Jakarta, Sofyan Hanafi, juga turut hadir dalam acara ini.
Dalam sambutannya, Hanafi, mengatakan pentingnya fungsi pendamping desa dalam merealisasikan anggaran desa.
“Peran Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) sangat penting dalam membantu menyusun rencana pembangunan dan memasilitasi musyawarah perencanaan pembangunan secara pasilitatif,” katanya.
Hanafi berharap para kepala desa dapat berkoordinasi dan bekerja sama dengan para pendamping desa saat merealisasikan dana desa. Sebab, kata dia, pendamping desa merupakan produk undang-undang.
“Pendamping desa merupakan produk dari Undang-undang dan Permen Desa,” ungkapnya.
Sementara itu, salah seorang pendamping desa, A. Rahmat, mengimbau agar para kepala desa tidak takut dalam merealisasikan dana desa.
“Desa jangan takut merealisasikan anggaran desa sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES),” ungkapnya di tempat yang sama.
Rahmat juga merasa, hingga saat ini keberadaan pendamping desa khususnya di Kecamatan Malangbong belum tersosialisasikan dengan baik hingga ke pelosok desa.
(Taf Senopati)***
Editor : ABD

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI