Pelatih Persib U-19 Jaring Pesepakbola Berbakat di SSB Garut

GARUT,(GE).- Banyaknya pesepakbola bertalenta di atas rata-rata di Garut saat ini menjadi perhatian khusus dari perusahaan kopi ternama dalam ajang pencarian bakat pemain bola bertajuk ” Bintang Bola Kopi ABC”.

Dalam ajang tersebut, selain digelar turnamen sepak bola untuk usia di bawah 23 tahun, juga diselenggarakan coaching clinic (pelatihan) bagi anak usia dini. Coaching clinic ini diikuti puluhan anak dari beberapa sekolah sepak bola (SSB) yang ada di Garut.


Pelatih Persib U 19, Budiman Yunus langsung memimpin latihan yang berlangsung sekitar satu jam di Lapangan Sepakbola Nagrog, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Minggu (07/08/2016).

Menurut mantan pemain Nasional Indonesia itu, latihan dasar sepak bola sangat penting untuk usia dini. Akan tetapi katanya, kebanyakan SSB salah dalam memberikan porsi latihan.

” Latihan dasar bermain bola ini sangat penting untuk usia grassroot, seperti passing, dribling, penguasaan bola, kelincahan dan lain-lain. Untuk porsi latihan anak-anak ini jangan disuruh sprint, atau latihan tanpa bola. Justru untuk usia dini ini sentuhan dengan bola harus lebih banyak. Saya melihat di SSB itu, banyak pelatih yang salah dalam memberikan porsi latihannya,” ujar Budiman.

Diungkapkannya, khusus untuk di Garut, dengan kondisi lapangan yang rata-rata kurang memadai akan berakibat pada kurang nya perkembangan anak dalam meningkatkan skillnya.” Kondisi lapangan di Garut ini gak ada yang bagus, jadinya kurang bagus untuk perkembangan si anak,” tukasnya.

Menurut Budiman,  talenta pemain dari Garut sekarang ini jadi berkurang. Tidak seperti dulu, tak sedikit pemain bertalenta tinggi dari Garut yang memperkuat Persib Bandung bahkan timnas .

” Dulu banyak pesepakbola asal Garut yang memperkuat Persib Bandung. Ada banyak pemain yang melegenda semisal Adeng Hudaya, Nyanyang, Zaenal Arif dan lain-lain. Tapi sekarang sangat minim, mungkin juga akibat kurang memadainya fasilitas lapangan. Mungkin juga karena kurangnya kompetisi,” kata Budiman yang beberapa kali sempat ikut turnamen Tarkam di Garut. (Jay)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI