Pelaku Pemalakan di Gunung Guntur Diamankan Polisi

Pelaku pemalakan di Gunung Guntur, Solihin Santosa, saat diperiksa di Mapolsek Tarogong Kaler.*

GARUT, (GE).- Setelah viral di media sosial, pelaku pemalakan terhadap para pendaki Gunung Guntur diamankan jajaran Polsek Tarogong Kaler. Di hadapan Polisi, pelaku pemalakan mengaku menyesal dan tak akan mengulangi perbuatannya.

“Kami telah mengamankan seorang warga atas nama Solihin Santosa, warga Kampung Cijambe Desa Pasawahan Kecamatan Tarogong Kaler Garut  yang diduga kerap melakukan pungli terhadap pendaki dikawasan Citiis Gunung Guntur,” ujar Kapolsek Tarogong Kaler, Tito saat ditemui di kantornya, Jumat (25/8/2017).


Setelah dimintai keterangan, pelaku beralasan bahwa  dirinya melakukan pungli untuk membersihkan kebun dan untuk perbaikan jalan yang dilintasi para pendaki.

“Menurut keterangan korban, pelaku melakukan pungutan liar tersebut dengan memaksa  bahkan dengan kekerasan dan membawa senjata tajam sembari mengancam,” ungkapnya.

Tito menjelaskan, pelaku telah beroperasi melakukan pungli terhadap pendaki sejak Agustus 2016.

“Penghasilan yang didapat pelaku dari hasil punglinya tersebut bisa mencapai antara Rp200 ribu hingga Rp 500 ribu per harinya jika sedang dalam kondisi ramai pendakian, terutama disaat libur panjang atau hari-hari besar seperti setiap HUT RI,” paparnya. (Farhan SN) ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI