Pelajar SDIT Atikah Musaddad Gelar Simulasi Pilkada Bersama KPUD Garut

TARKA, (GE).- Puluhan Siswa-Siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Atikah Musaddad, beserta para Guru yang di dampingi oleh anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Garut, mengadakan simulasi Pilkada.

Acara ini merupakan upaya pengenalan bagi pelajar terkait pemilihan kepala daerah yang demokratis itu. Simulasi yang dikhususkan bagi siswa sekolah dasar ini berlangsung di halaman kantor KPU Kabupaten Garut, Rabu (05/09/2016)

“Simulasi ini kita adakan untuk memberikan pelajaran dan pemahaman berdemokrasi terhadap masyarakat sejak usia dini.” Tutur Hilwan Fanaqi, yang merupakan Ketua KPUD Garut.


Saat berlangsungnya simulasi, tampak beberapa siswa berperan sebagai panitia pemilihan. Mereka tampak serius, ada yang berperan menjadi saksi, sementara yang lainnya memerankan warga pemilih.

Salah seorang Guru yang menjadi panitia acara simulasi, Asri sulastri, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya memberikan pemahaman mengenai demokrasi kepada para siswanya.

“Harapannya, di masa yang akan datang mereka mengerti bagaimana tata cara berdemokrasi yang benar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Garut, Hilwan Fanaqi S.IP, menuturkan, kegiatan ini merupakan seseuatu yang baru. Sebelumnya, KPU menerima surat permohonan dari pihak SDIT Atikah, yang isinya ingin mengadakan simulasi pemilihan yang pesertanya para pelajar sekolah dasar.

“Tentunya KPU menyambut baik, dan semua perlengkapan untuk simulasi kita sediakan secara gratis. Termasuk contoh surat suara yang dibuat sedemikian rupa. Simulasi ini semuanya gratis tanpa ada pungutan biaya apapun. KPU melibatkan semua anggotanya untuk memberikan bimbingan kepada semua peserta.” Jelasnya.

Diharapkannya, bisa dijadikan percontohan oleh sekolah sekolah lainnya yang ada di Kabupaten Garut. Dengan demikian semua lapisan masyarakat, bisa lebih mengerti dan memahami pentingnya tata cara pemilihan yang benar. (Useu G Ramdani)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI