Peduli Sesama, Bawaslu Garut Galang Dana untuk Korban Bencana Alam

Sejumlah Anggota Bawaslu dan Panwaslu Garut, usai Rakor Gakumdu tingkat kabupaten, sekaligus penggalangan dana untuk korban musibab bencana alam. Hotel Harmoni, Cipanas, Garut, Sabtu (13/10/2018)/ foto: Ucheu.***

GARUT, (GE).- Bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, menyisakan duka yang cukup dalam. Tak hanya dirasakan oleh warga yang langsung terkena bencana, penderitaan para korban juga turut dirasakan oleh warga di seluruh Indonesia.

Di Kabupaten Garut sendiri, instansi pemerintah dan beberapa lembaga kemanusiaan melakukan penggalangan dana untuk korban bencana alam. Sebagai wujud kepeduliannya terhadap sesama, penggalangan dana untuk korban bencana alam juga dilakukan oleh para pengawas Pemilu se-Kabupaten Garut.

Para pengawas pemilu (Panwaslu) yang berasal dari semua tingkatan, mulai dari tingkat desa hingga tingkat kabupaten. Para anggota panwaslu tersebut  menyisihkan sebagian hartanya untuk di salurkan kepada para korban bencana alam. Rencananya dana tersebut akan disalurkan melalui rekening yang sudah di sediakan oleh koordinator tingkat kabupaten.


Koordinator donasi bencana alam pengawas pemilu se-Kabupaten Garut, Soleh mangatakan, dana yang terkumpul akan disalurkan melalui rekening ke tingkat Provinsi. Setelah itu, pihak provinsi akan menyalurkan dana tersebut ke Bawaslu RI kemudian didistribusikan langsung ke para korban bencana.

“Alhamdulillah, untuk korban bencana yang terjadi di Lombok, kami sudah bisa mengumpulkan dana senilai Rp 16 Juta, dan sudah kita salurkan” ungkapnya.

Soleh yang merupakan staf divisi organisasi dan sumberdaya manusia Bawaslu Kabupaten Garut menambahkan, setelah penggalangan dana untuk korban gempa di Lombok, kini para pengawas pemilu se-Kabupaten Garut kembali mengadakan kegiatan donasi bagi warga Sulawesi tengah yang tertimpa musibah gempa dan tsunami.

“Setelah terkumpul, kami akan segera menyalurkan dana tersebut agar segera diterima oleh saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Palu, donggala dan beberapa daerah yang terkena dampak dari bencana tersebut,” katanya, Sabtu (13/10/2018).

Sementara itu, saat diwawancarai usai memberikan materi dalam kegiatan Rakor Gakumdu tingkat Kabupaten yang berlokasi di hotel Harmoni, Cipanas Garut, Ketua Bawaslu Kabupaten Garut, Dr. Hj. Ipa Hapsiah Yakin, SH., Msi., MM., mengutarakan rasa bangga serta ucapan terima kasih kepada seluruh pengawas pemilu se-Kabupaten Garut.

“Saya sangat merasa bangga, di sela-sela kesibukan melakukan pengawasan tahapan pemilu, para pengawas ini masih bisa turut merasakan keprihatinan para korban bencana alam dengan cara berdoa dan mengumpulkan dana. Mudah-mudahan semua itu bisa meringankan beban saudara setanah air kita yang sedang merasakan penderitaan,” tutut Hj. Ipa, seraya menebar senyuman ramahnya.

Diharapkannya, rasa kebersamaan dan kekompakan para pengawas pemilu, khususnya di Kabupaten Garut dan umumnya seluruh Indonesia itu bisa terus dijaga. (Ucheu)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI