Peduli Olahraga Pelajar, Pencak Silat Bergema di Al-Musaddadiyah

TARKID,(GE).- Yayasan Al-Musaddadiyah melalui lembaga pendidikan yang dikelolanya sudah dikenal luas intens dalam menyelenggarakan berbagai even olahraga khususnya untuk pelajar. SMA Ciledug Al-Musaddadiyah, misalnya, terkenal dengan ektrakurikuler bola voli. Turnamen bola voli antarpelajar rutin diselenggarakan pihak sekolah tiap tahun. Pengembangan cabang olahraga bola voli di SMA Ciledug Al-Musaddadiyah, tidak lepas dari ketersediaan sarana gedung bola voli indoor dan tenaga pelatih yang mumpuni.

Bukan hanya bola voli, pencak silat pun tidak luput dari perhatian. Pada awal tahun 2016 ini, SMA Ciledug Al-Musaddadiyah mengadakan perlombaan pencak silat antarpelajar se-Kabupaten Garut.

“Kegiatan-kegiatan semacam ini, tak lepas dari tujuan untuk menyehatkan masyarakat Kabupaten Garut melalui olahraga. Selain itu, dengan olahraga, bisa lebih manjalin tali silaturahmi,” tutur Ketua Yayasan Al-Musaddadiyah, Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah, saat diwawancarai usai membuka acara perlombaan pencak silat di kampus SMA Ciledug Al-Musaddadiyah, Jum’at (8/01/2016).

Sementara itu, Kepala SMA Ciledug Al-Musaddadiyah, Ridwan Ruswanda, S.Pd, M.Pd, menjelaskan, dirinya sangat mendukung semua kegiatan olahraga di Al-Musaddadiyah. Ridwan yang selalu menjadi motor di setiap even keolahragaan di sekolahnya tersebut, menambahkan, pengembangan olahraga di Yayasan Al-Musaddadiyah merupakan bagian yang sangat penting.

“Untuk kegiatan pencak silat yang diselenggarakan awal tahun 2016 ini, peserta yang mendaftar sebanyak 100 orang. Terdiri dari pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Garut. Semua itu terselenggara atas kerja sama antara Yayasan Al-Musaddadiyah dengan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut, serta Paguron Pencak Silat Pusaka Nagara,” pungkas Ridwan.

Setelah melalui babak penyisihan, tampil para finalis di masing-masing kategori dan tingkatan yang dipertandingkan pada Minggu (10/01/2016). Para finalis terlihat begitu bersemangat dalam menampilkan jurus-jurusnya di depan dewan juri. Adapun kelas yang dipertandingkan hanya kelas tunggal yang mengharuskan para pesilat cilik itu memperagakan jurus tangan kosong, jurus golok, dan jurus dengan menggunakan tongkat.

Salah seorang finalis yang keluar sebagai juara pertama tingkat SD yakni Rizal Faisal. Siswa asala SDN Sukajaya III dan paguron Sinar Pusaka Putera ini, mengharapkan, agar prestasi yang ia raih dalam kejuaraan ini bisa menjadi bahan untuk progam pembinaan olahraga terutama pencak silat oleh pemerintah khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga. (Useu G. Ramdani)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN