Peduli Korban Gempa Lombok, Pemdes Situgede jadi Inisitaor Penggalangan Dana Umat

Suasana penggalangan dana untuk korban gempa Lombok, disela-sela tablig akabar yang disampaikan penceramah KH Jujun Junaedi di kawasan Desa Situgede, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Selasa (28/08/2018)/ foto: Andri/GE.***

GARUT,(GE).- Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, baru-baru ini Pemerintahan Desa (Pemdes) Situgede, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut jadi inisiator penggalangan dana umat untuk membantu meringankan korban musibah gempa bumi di kawasan Lombok NTB dan sekitarnya.

Kepala Desa Situgede, Ustadz Dedi Suryadi, S.Pd.I memiliki trik tersendiri untuk pengumpulan dana umat tersebut. Sebagai pemimpin pemerintahan desa yang berlatar belakang keilmuan agama yang cukup mumpuni, Dedi paham betul bagaimana cara mengingatkan warganya untuk sadar akan pentingnya bersedekah. Tak heran, saat menginisiasi penggalangan dana untuk Lombok, warga Desa Situgede begitu antusias memberikan sumbangsihnya untuk sesama yang tengah dirundung duka.

“Alhamdulillah, kami Pemdes Situgede berhasil mengumpulkan dana umat dari warga di Situgede. Sebelum pengumpulan dana, kita (Pemdes Situgede) terlebih dahulu melakukan sosialisasi ke masyarakat. Alhamdulillah, warga sadar juga memberikan sebagian hartanya untuk disedekahkan kepada yang berhak. Hingga digelarnya tabligh akbar, kita berhasil mengumpulkan dana sumbangan warga hingga puluhan juta rupiah,” ungkap Dedi, usai gelaran Tablih Akbar di kawasan Situgede, Selasa (28/08/2018).


Untuk mengumpulkan dana tersebut, selain sebelumnya dilakukan dari pintu ke pintu. Kades Situgede melakukan penggalangan donasi melalui warganya yang menghadiri Tabligh Akbar dengan menghadirkan penceramah kondang, KH. Jujun Junaedi.

“Masyarakat kita berikan siraman rohani melalui tabligh yang disampaikan KH Jujun Junaedi. Materi ceramahnya juga kita telah sepakati dengan penceramah, yakni terkait pentingnya bersedekah dan sikap empati terhadap sesama. Alhamdulillah, warga tersadarkan juga,” tutur Dedi.

Antusiasme warga Situgede untuk bersedekah tampak saat tim penggalangan dana untuk korban gemnpa Lombok berkeliling seraya moyodorkan box amal jariah disela-sela berlangsungnya tabligh akbar. Hanya kurang dari satu jam, tim penggalan dana Desa Situgede berhasil mengumpulkan dana umat sebesar Rp 23 juta lebih.

“Alhamdulillah, dana terkumpul dari warga dan mustami Desa Situgede. In shaa Alloh, dana yang terkumpul ini akan kita disistribusikan untuk saudara saudara kita korban gempa di Lombok NTB dan sekitarnya. Kita telah sepakat menitipkan sumbangan dari warga Situgde ini ke salah satu lembaga sosial terpercaya di Jakarta,” katanya.

Sukses menggelar tabligh akbar dan penggalangan dana sekaligus doa khusus untuk korban gempa bumi Lombok NTB. Kades Situgede tentunya bersyukur. Atas partisipasi dan peran aktif warganya, Ia secara khusus menyampaikan ucapan terima aksih.

“Alhamdulillah, wasyukurillah. Agenda tabligh akbar sekaligus penggalangan dana serta doa untuk korban gempa Lombok berjalan lancar. Khusus saya ucapkan terima kasih kepada warga Situgede. Semua kebaikan, partisipasi, atensi dan keikhlasan warga Situgede ini, tentu hanya Alloh lah yang layak membalasnya,” tandasnya. (Kang Cep)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI