Pedasnya Harga Cabai Sedikit Mereda di Pasar Ciawitali

GARUT, (GE).- Setelah dalam beberapa bulan terakhir merajai harga komoditas sayuran. Saat ini harga cabai rawit terpantau mulai berangsur turun. Sebelumnya, dalam sepekan terakhir harga komoditas sayuran pedas ini dibanderol Rp 150 ribu per kilogramnya. Dari pantauan Tim GE di Pasar Guntur Ciawitali Garut, harga cabai sedikit turun menjadi Rp 120 ribu per kilogramnya.

“Dalam sepekan kemarin harga cabai rawit merah mencapai Rp 150 ribu per kilonya. Sekarang turun Rp120 ribu,” kata Ahmad yang merupakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Pasar Induk Guntur Ciawitali, Garut. Senin (27/2/2017).

Dijelaskannya, harga cabai rawit di Pasar Induk Guntur Ciawitali masih tergolong tinggi. Sementara pada Jumat – Ahad (24-26/2/2017) harganya turun Rp 10 ribu menjadi Rp 140 ribu. Kemudian pada Senin kembali turun Rp 10 ribu, menjadi Rp 120 ribu per kilogram.


” Dengan harga Rp 120 per kilogram di tingkat pengeser, sebetulnya masih agak tinggi. Normalnya itu Rp70 ribu per kilo,” tukasnya.

Menurutnya, kenaikan harga cabai disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya pasokan dari daerah pemasok karena petani mengalami gagal panen. Sementara Garut sebagai daerah pemasok, belum dapat memenuhi kebutuhan pasar Garut sendiri.

“Kebetulan sekarang ini ada pasokan cabai dari luar Garut, dari Majalengka, sementara kebutuhan di pasar ini mencapai 1,5 ton per harinya,” ungkapnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI