PDIP Garut Jagokan Dedi Hasan Maju di Pilkada 2018

KOTA, (GE).- Dinamika politik di Kabupaten Garut bisa dibilang selalu terasa energic. Kendati Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) masih cukup lama, yakni masih sekitar dua tahun ke depan, wacana munculnya figur calon Bupati mendatang sudah mulai diperbincangkan.

Beberapa partai politik kini mulai bisik bisik membicarakan figur mengenai sosok yang akan diusung untuk menduduki kursi Garut satu. Hal ini juga terjadi di tubuh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Garut.

Salah seorang politisi senior PDIP Garut, Dikdik Darmika, saat ditemui di kediamannya  di Kp. Sanding, Garut Kota tampak antusias membicarakan harapannya agar partainya bisa meloloskan kadernya menjadi orang nomor satu di Kabupaten Garut melalui Pilkada 2018 mendatang.

“Sebagai partai besar yang secara nasional menjadi pemenang pemilu dan menjadi penguasa, wajar jika kami berkeinginan agar kader kami mampu menduduki kursi Garut satu,” kata Dikdik, usai rapat persiapan kegiatan HUT Partai Moncong Putih, dirumahnya, Kamis, sore (28/4).

Ketika didesak mengenai nama yang kelak akan diusung, Dikdik mengaku belum ada kepastian siapa yang akan dijagokan nanti. Karena menurutnya, mekanisme untuk sampai pada keputusan siapa yang akan dipercaya partai untuk maju sebagai calon dalam Pilkada sangat panjang, dan sekarang ini belum waktunya. Namun demikian secara diplomatis, Dikdik telah mengisyaratkan kemungkinan salah seorang kader yang track record kariernya dia nilai cukup bagus dan layak duduk di pucuk pimpinan di eksekutif.

“Sejauh ini saya melihat salah satu kader cukup baik dan layak kami usung. Dia telah berkiprah di legislatif cukup lama. Dua periode di DPRD Garut, dan saat ini dia menjadi wakil Garut di DPRD Provinsi,” ujarnya sambil tersenyum.

Ketika ditanya apakah yang dimaksud adalah Dedi Hasan Bahtiar, anggota DPRD Jawa Barat Dikdik mengamininya. Namun demikian, kata Dikdik, segala kemungkinan masih bisa terjadi, mengingat waktu menuju pilkada masih lumayan lama.

“Yang lain juga punya kesempatan yang sama untuk menunjukkan bahwa dirinya layak untuk diusung oleh partai. Hanya saja, sampai sejauh ini, secara pribadi saya cenderung melihat dia sebagai yang paling punya kans untuk kita usung,” kata Dikdik yang juga Bendahara DPC PDIP Garut ini.

Pada bagian lain, Dikdik mengemukakan, pihaknya kini sedang lebih berkonsentrasi untuk persiapan kegiatan dalam Hari Ulang Tahun partai yang akan digelar bulan Mei ini. Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan. Diantaranya adalah, pesta bahari di Garut Selatan, sedangkan puncak kegiatan akan dilaksanakan akhir bulan Mei di Garut Kota dengan pertunjukan wayang golek dan hiburan lainnya.

“Hari jadi PDIP memang seharusnya tanggal 10 Januari kemarin, namun karena waktu itu bersamaan dengan Musyawarah Nasional (Munas) Partai, jadi kegiatan baru kami laksanakan bulan Mei ini. Kami berharap ini menjadi momentum konsolidasi kader, untuk soliditas partai ke depan,” pungkas Dikdik. (Slamet Timur)***