PC IPNU-IPPNU Garut Deklarasikan Diri “Perangi Hoax”

GARUT, (GE).- Belakangan istilah Hoax atau berita palsu begitu santer di berbagai media, dampaknya mengundang perhatian dari berbagai kalangan, termasuk Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Garut yang mendeklarasikan diri memerangi Hoax pada kegiatan puncak hari lahir (Harlah) IPNU ke-63 dan IPPNU ke-62 di Gedung Pendopo Garut, Ahad (05/03/2017).

Secara simbolik mereka meneguhkan Tim Jurnalistik Pelajar NU Garut, yang sepekan sebelumnya diberi pelatihan khusus oleh media-media lokal maupun nasional terkait jurnalistik dasar sebagai salahsatu upaya mengenali dan melawan Hoax.

Ketua IPNU Garut, Ridwan Pamungkas, mengatakan bahwa Pelajar NU Garut tidak bisa diam saja menyaksikan gencarnya berita hoax.  Sebagai umpan balik, mesti menebar informasi positif bagi kemaslahatan umat.  Salahsatunya dengan memahami ilmu jurnalistik secara teoritis maupun praktisnya.


“Kita bukan anti hoax saja, karena kalo ‘anti’ saja berarti kita hanya diam. Kita harus melawannya dengan menebar berita-berita positif bagi kemaslahatan umat. Kami (PC IPNU dan IPPNU) berusaha mengawal pelajar NU Garut dengan pemahaman keilmuan Jurnalistik,” ungkapnya.

Dari upaya pemahaman apa dan bagaimana ciri-ciri hoax, pada kesempatan harlah tersebut salahsatu Pembina IPNU dan IPPNU Garut, Drs. KH. Samhari mengutarakan karakter dasar hoax yang bisa dikenali dengan melihat berita-berita di “media arus utama.”

“Salahsatu cara mengenali sebuah berita hoax atau tidak. Coba kita lihat apakah media arus utama turut memberitakan berita itu atau tidak. Karena kalau berita itu benar adanya. Maka akan ada diliput berbagai media arus utama, karena media tersebut pun membutuhkan bahan berita.” Tegasnya saat memberikan pengarahan pada harlah tersebut.

Sebelumnya, IPNU dan IPPNU Garut juga mengadakan Futsal Cup bagi pimpinan anak cabang IPNU sekabupaten Garut sebagai rangkaian kegiatan yang meningkatkan ukhuwah antarunsur pelajar NU.

Acara puncak hari ini pun, dimeriahkan dengan pengumuman pemenang Futsal Cup yang berhasil dimenangkan oleh PAC IPNU Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut. (Rohmah Nashruddin)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI