PAW Kades Mekarsari, Pertama Kali Terjadi di Garut

BAYONGBONG, (GE).- Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Garut, Teddi Iskandar mengatakan, di Kabupaten Garut akan ada Pemilihan Antar Waktu (PAW) kepala desa. Kejadian ini merupakan yang pertama kali di Kabupaten Garut. PAW yang perdana untuk Kepala Desa ini terjadi di Desa Mekarsari, Kecamatan Bayongbong.

“Ya, PAW Kades Mekarsari merupakan hal yang bisa dibilang baru terjadi di Garut,” tandasnya.

Diungkapkannya, PAW di Desa Mekarsari ini berawal dari meninggal dunianya Kades Mekarsari terpilih dalam Pikades serentak tahun 2015 lalu. PAW Kades ini sendiri mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No.6 Tahun 2014 yang diteruskan oleh Perdes Mekarsari No.3 Tahun 2016.

“Dalam aturan tersebut ternaktub, jika seorang kepala desa berhenti dan tidak bisa meneruskan masa kepemimpinannya dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, maka harus diadakan pemilihan ulang, atau PAW.” Jelasnya.

Hingga berita ini diturnkan, Minggu (28/8/2106) proses PAW Kepala Kesa Mekarsari sudah sampai ke tahap verifikasi persyaratan calon. Dari pantauan “GE” sementara ini sudah ada tiga orang calon kades, diantaranya seorang laki-laki dan dua perempuan. Sementara itu, jika calon kades lebih dari tiga orang maka akan dilakukan tes tertulis.

“Khusus untuk PAW, jumlah warga yang akan memilih calon kades dibatasi dan disesuaikan dengan peraturan desa yang dibuat. Jadi jangan heran, jika banyak asumsi salah terkait tekhnis pemilihannya.” Pungkasnya. (Useu G Ramdani)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN