Panwascam Wanaraja Bina dan Siagakan 75 Orang Pengawas Tingkat TPS

WANARAJA, (GE)- Jajaran Komisioner Panwaslu Kecamatan Wanaraja secara resmi, Selasa ( 5/6 ) mempersiapkan Sebanyak 75 orang Sumber Daya Manusia ( SDM ) terpilih untuk melaksanakan pengawasan tahapan Pemilukada di tingkat TPS. Pada Pemilukada yang akan digelar serentak 27 Juni mendatang, setiap TPS dipastikan akan diawasi oleh seorang petugas pengawas.

Pengawas TPS, menurut Kordiv Hubal Panwaslu Kecamatan Wanaraja, Asep Burhanudin, dibentuk oleh amanat Undang undang yakni 23 hari sebelum pelaksanaan Pemilukada sampai sepekan setelah hari pencoblosan.

Nantinya, kata Asep, Panwas ditingkat TPS akan bertugas mengawasi tahapan Pemilukada yang diselenggarakan oleh KPPS. Saat menjalankan pungsinya, Lanjut Asep, pengawas TPS akan bekerja dibawah koordinasi Pengawas Pemilu Lapangan ( PPL ).


“Saya berharap seluruh PTPS yang pada hari ini sudah resmi dilantik bisa bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan berintegritas tinggi. Karena itu adalah modal utama dan marwah lembaga kita. Pakta integritas tadi, semoga betul betul diterapkan demi terwujudnya Pemilukada yang Jurdil, sehat dan berkualitas. Karena, demokrasi yang diawali dari Pemilu, harus menghasilkan pemimpin yang berintegritas, dan pemilu yang berintegritas diawali dari penyelenggara yang berintegritas pula. Dan itu semua bisa terwujud melalui kesungguhan dan kerjasama kita dalam menjalankan pungsi pengawasan hingga ke tingkat TPS” urainya saat gelar acara Bintek yang juga dihadiri Komisioner Panwaskab, Ahmad Nurul Syahid.

Panwascam Wanaraja, melalui ketua Pokja rekrutmen pembentukan PTPS , Jajang Ahmad, memastikan keseluruh anggota PTPS terpilih, adalah Orang orang terbaik yang akan terus ditempa melalui rangkaian pelatihan tekhnis pengawasan di lapangan. Pihaknya menegaskan bahwa seluruh tahap penyelenggaraan Pemilukada ditingkat KPPS akan mendapat pengawasan penuh dari setiap pengawas TPS yang bertugas.

” Ada beberapa tahapan yang kita tugaskan kepada setiap PTPS agar diawasi secara penuh dari mulai memastikan drap DPT yang akurat, hingga proses pungut hitung pada hari pencoblosan. Kita tekankan kepada seluruh anggota PTPS untuk profesional, jujur dan berani selama menjalankan pungsi pengawasanya. Kesemua tekhnisnya termasuk mengenai temuan, pelaporan, serta metoda penyelesaian sengketa akan terus kita bina dengan berdasar pada regulasi dan Undang undang” ungkapnya. DONIMELODY

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI