Ombak Pantai Santolo Gulung 4 Wisatawan, Seorang Masih Misterius

CIKELET, (GE).- Beberapa hari jelang pergantian tahun, pantai selatan Garut kembali memakan korban. Sedikitnya 4 orang wisatawan yang diketahui asal Cirebon digulung ganasnya ombak Pantai Santolo, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Rabu (30/12) sekira pukul 17.00. Tiga di antaranya berhasil selamat, sedangkan seorang lagi masih misterius.

Kepala Satpolair Polres Garut, AKP Tri Andri, menyebutkan, hingga kini satu orang korban bernama Wildan Khaerudin (16), warga Blok Desa Lama, Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon belum ditemukan. Satpolair dibantu nelayan sejak pukul 09.30 WIB terus melakukan pencarian.

“Kami juga masih menunggu Basarnas untuk membantu pencarian. Untuk sementara kami mencari dibantu nelayan,” ujar Tri melalui sambungan telepon, Kamis (31/12).

Sementara itu, 3 orang wisatawan yang berhasil menyelamatkan diri diketahui bernama Muhammad Arip (18), Deri (17) dan Rahmat Iza (17), keduanya merupakan warga Bumi Asri Cirebon.

Tri mengatakan, saat kejadian keempatnya sedang bermain di sekitar Pantai Santolo. Mereka kemudian menuju ke tengah laut.

“Padahal sudah ada larangan untuk berenang di laut. Tapi tetap saja ada yang berenang,” tandasnya.

Rambu-rambu larangan berenang sudah dipasang petugas di sepanjang pantai selatan. Bahkan spanduk himbauan agar pengunjung tak berenang sudah banyak terpampang.

“Kebanyakan yang berenang baru pertama kali datang ke laut. Padahal sangat berbahaya karena laut bukan tempatnya untuk berenang,” katanya.

Tri menambahkan, pihaknya telah menyisir sejauh lima kilometer untuk mencari korban. Ombak di wilayah selatan, diakuinya cukup besar. Apalagi kontur Pantai Santolo yang banyak karang sehingga menyulitkan pencarian.

Menjelang pergantian tahun baru, lanjut Tri, jumlah pengunjung ke Pantai Santolo sudah mencapai 15 ribu orang. Kebanyakan pengunjung berasal dari luar Garut.

“Kami imbau kepada para pengunjung terutama yang dari luar daerah untuk tidak berenang. Kalau mau bermain air cukup dipinggir saja jangan sampai berenang ke tengah,” tegasnya.

(Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN