Obor Asian Games 2018 Segera Mampir di Garut, Koni-Dispora Siapkan 17 Titik Estafet

Pengurus Koni berserta perwakilan Dinas Pemuda dan olah raga (Dispora) Kabupaten Garut, usai rapat persiapan penyambutan api obor Asian Games di kantor sekretariat Koni, Jalan Cimanuk, Jayaraga, Kabupaten Garut, Senin (30/7/18)/ foto: doc. Humas Koni Garut.***

GARUT, (GE).- Api Obor Asian Games 2018 segera akan tiba di Kabupaten Garut. Rencananya lambang turnamen se Asia tersebut akan mampir di Garut pada tanggal 12-13 Agustus 2018. Untuk mempersiapkan acara penyambutannya, Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) diantaranya telah melakukan pertemuan dengan pengurus Koni Garut beserta cabang olah raga (cabor). Pertemuan para pengurus olah raga tersebut dilakukan di kantor sekretariat Koni, Jalan Cimanuk, Jayaraga, Kabupaten Garut, Senin (30/7/18).

Kepala Bidang Kepemudaan pada Dispora Garut, Kusman Maulud, S.Pd, M.Si tiba di Kantor KONI sekira pukul 13.00 WIB langsung disambut Ketua KONI Kabupaten Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng beserta jajaran pengurus serta para pengurus cabang cabor.

Dalam pertemuan tersebut, Kabid Kepemudaan menjelaskan, pada hari Ahad (12/07/2018) akan tiba di Garut sekira pukul 09.30 WIB.  Dijadwalkan, obor Asian Games dari Panitia INASGOC akan disambut tepatnya di daerah perbatasan pintu masuk Kabupaten Garut dengan Kabupaten Bandung.


Dari pintu masuk Garut, api obor Asian Games tersebut akan diarak  dengan kendaraan rombongan dari Pantia INASGOC menjadi  titik awal pelari membawa api obor Asian Games di Tugu Perjuangan Kubang pertigaan Jalan KH. Anwar Musaddad.

“Dari tugu Perjuangan Kubang  panitia dari Garut menyiapkan penyambutan dengan melibatkan 20 anggota Brimob dan 20 anggota TNI dari Kostrad Yonif 303 serta para Atlet dari berbagai cabor yang ada di bawah naungan KONI Garut. Berbagai komunitas Moge, NMAX serta beberapa elemen masyarakat lainya juga akan turut serta,” ujarnya.

Api obor Asian Games 2018 akan dibawa oleh pelari secara estapet  bergantian di 17 titik tempat yang sudah disiapkan. Berikut 17 titik tempat yang telaj disiapkan panita, diantaranya :

  1. Pertigaan Jalan KH. Anwar Musaddad (Tugu Perjuangan Kubang)
  2. Alfamart Depan Pom Bensin Tanjung
  3. Gapura Selamat Datang di Kabupaten Garut (Tanjung)
  4. Pertigaan Jalan Baru Cipanas (Alfamidi/RM. Racik Desa)
  5. Pertigaan SMPIT Al Mashduqi (Dekat Pom Bensin Pasawahan)
  6. Alfamart Tarogong Baru(Eks RM Sumber Rasa/Depan SMA YBHM)
  7. Pos Polisi Alun-alun Tarogong
  8. Alfamart Dekat BRI Unit Cimanganten
  9. Depan Kantor PLN Garut
  10. Simpang Lima / SMKN 12 Garut
  11. Alfamart Dekat Fave Hotel
  12. Jalan (Bando Jalan Asian Games) Depan SDN Pataruman
  13. Pertigaan Jaln Cimanuk – Jalan Mayor Syamsu (STTG Al-Musaddadiyah)
  14. TDC / Bunderan Leuwidaun
  15. BPR KS (Depan Alfamart Cimanuk)
  16. Jln Jend. Ahmad Yani (Depan Samsung, Eropa Cell)
  17. Lapang Oto Iskandardinata / Alun-Alun Garut

Sementara itu, Ketua Koni Kabupaten Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng.,  menyatkan kesiapanya dalam menyambut api obor Asian Games 2018. Menurutnya, kesempatan ini merupakan kesempatan yang sangat langka.

“Ini merupakan kesempatan langka bahkan mungkin sekali seumur hidup. Kita bisa secara langsung menyambut api obor pesta olah raga terbesar di Asia,” katanya.

Dikatakannya, seluruh jajaran pengurus Koni beserta para atlet dari seluruh cabor akan dikerahkan untuk ikut menyambut moment bersejarah ini. Diharapkannya seluruh atlet yang sedang dipersiapkan berlaga di Porda Bogor bisa ikut menyambut. Dari sebanyak 85 atlet tersebut meliputi, 8 cabor (Pencaksilat, Tarung Derajat, Atletik, Putsal, Hoki, Dayung, Arung Jeram dan Basket).

“ Sudah bisa dipastikan para atlit Garut dari 8 caor itu akan ikut berlari mengiringi pelari utama yang mengusung api obor Asian Games,” ungkapnya. `

Ketua Koni menyampaikan rasa sykur dan antusias dala menyambut api obor Asian Games. Terlebih Kabupaten Garut menjadi salah satu dari 5 Kabupaten di Jawa Barat yang dipercaya menjadi bagian dalam penyambutan api obor Asian Games 2018.

 “Tadi kita dengar bersama pak Kabid (Kepemudaan-Dispora Garut/red.)  salah satu alasan kenapa Garut mendapat kepercayaan dalam menyambut api obor Asian Games.  Karena saat penyambutan PON 2017 kemaren sambutan masyarakat Garut yang paling meriah.  Juga Garut termasuk daerah yang paling banyak mempunyai destinasi wisata serta  kunjungan wisata di Jawa Barat.  Ini cukup membanggakan buat kita sebagai bagian dari masyarakat Garut,” katanya. (humas)***

Editor: ER.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI