Musisi Musisi Cibatu yang Tak Pernah Lekang Oleh Waktu

GARUT, (GE).- Bicara tentang Cibatu memang kental dengan para musisi-musisinya, dari mulai kalangan anak muda sampai orangtua. Wajar jika Cibatu disebut sebagai gudangnya para seniman musik di Kabupaten Garut.

Sebuah komunitas yang dinamai Musisi-Musisi Cibatu (MMC) menjadi salah satu bukti sahih bahwa musisi di daerah tersebut tidak pernah lekang oleh waktu. Hampir di setiap akhir pekan atau Sabtu malam MMC menggelar wadah kretivitas bagi para musisi Cibatu di Kampung Pabrik Desa Wanakerta tepatnya di Kedai Kuracik.

Defi Dahari ketua MMC mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan rutin setiap sepekan sekali, guna memberikan wadah musisi-musisi putra Cibatu, umumnya masyarakat seluruh Garut untuk terus berkarya.


“Di acara seperti ini kita berusaha mengemas musik lebih elegan, dan semua band yang tampil tidak dipungut biaya apapun, alias gratis. Kami juga membuka ruang bagi band-band yang memnpunyai karya sendiri, nantinya bisa kami arahkan untuk rekaman,” ungkapnya, Sabtu (24/12/2016).

Defi memaparkan, bahwa stigma masyarakat tentang band masih negatif, band kerap kali dipandang gelandangan dan liar. Nah, MMC berusaha menghilangkan penilaian negatif tersebut dengan diarahkannya band-band lokal untuk tetap berada pada jalur musisi yang elegan.

Dalam mencapai tujuannya, MMC setiap tiga bulan sekali mengadakan kegiatan besar seperti seminar musik dan pencegahan narkoba maupun seminar pendidikan. Kegiatan tersebut diharapkannya bisa membentengi musisi-musisi Cibatu dari pergaulan yang tidak sesuai dengan norma.

“Kalo bicara sejarah, Cibatu memang sudah lama terkenal dengan para musisi-musisinya. Ini budaya kreatif yang harus dipertahankan, dijaga dan dikemas sebaik mungkin, dalam kegiatan mingguan kami. Harapannya semua elemen musisi di Garut bisa bergabung dan mempererat silaturahmi.” Tandasnya. (Sidqi Al Ghifari)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI