MUI Garut : Tempat Hiburan Malam Sepakat Tak Beroperasi Selama Bulan Ramadhan

Ilustras tempat hiburan malam.net.

GARUT, (GE).- Baru baru ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah melakukan kesepakatan dengan pengelola tempat hiburan malam. Kesepakatan ini dibuat agar selama bulan Ramadhan hingga tiga hari setelah Lebaran tempat hiburan malam ditutup.

“Ya, mereka (pengelola tempat hiburan/ red.) siap tidak melaksanakan aktivitas hiburan tersebut selama puasa, plus tiga hari setelah Lebaran,” tutur KH. Sirojul Munir, yang tak lain kata Ketua MUI Kabupaten Garut, Senin (29/5/17).

Dikatakannya, selain larangan beroperasi bagi tempat hiburan, larangan juga berlaku bagi rumah makan agar tidak membuka usahanya siang hari. Larangan tersebut sebagai upaya ajakan semua elemen masyarakat agar menghargai umat Islam yang sedang menunaikan ibada puasa.


“Kami minta untuk menghargai yang berpuasa, dengan tidak berjualan di siang hari. Boleh berjualan makanan minuman tetapi saat menjelang maghrib,” katanya.

Ditegaskannya, jika ada tempat hiburan dan rumah makan yang melanggar imbauan dan kesepakatan MUI itu, maka pihaknya akan meminta aparat berwenang untuk menertibkannya.

“Kami menghimbau, masyarakat Muslim maupun organisasi masyarakat untuk tidak melakukan penertiban sendiri. Laporkan saja ke polisi dan Satpol PP, biarkan mereka menindaknya,” tukasnya. (ER)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI