Merasa Dikecewakan Bupati, Demo Mahasiswa Sempat Ricuh

PEMKAB, (GE). Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Garut (AMPG) kembali menggelar aksi demonstrasi di halaman Pemkab Garut. Para mahasiswa ini merasa dikecewakan karena dalam aksi sebelumnya, Bupati Garut tak menerima aspirasi mereka.

Dalam aksinya kali ini, AMPG sempat melakukan blokade jalan serta aksi bakar ban di kawasan Bundaran Simpang Lima yang tak jauh dari kompleks perkantoran Pemkab Garut. Kericuhan pun tak terelakan.

Beberapa anggota Polisi yang melakukan penjagaan sempat mengamankan ban yang akan dibakar. Namun para mahasiswa ‘keukeuh’ untuk membakar ban. Aksi dorong pun terjadi antara mahasiswa dan polisi. Bahkan satu orang mahasiswa sempat diamankan.

Kericuhan mereda setelah polisi kembali melepaskan satu mahasiswa yang diamankan. Unjuk rasa tersebut merupakan aksi kedua yang dilakukan menuntut kepemimpinan Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Koordinator Lapangan AMPG, Asep Abdul Fatah, mengatakan pihaknya merasa kecewa dengan keputusan Bupati yang tak menerima mereka pada hari Senin (25/1/2016). Hingga kini, Bupati belum merealisasikan janji politiknya.

“Aksi blokade jalan yang kami lakukan sebagai bentuk kekecewaan kepada pemerintah. Blokade ini kami lakukan untuk menyampaikan kebobrokan Pemkab Garut,” tandasnya, Rabu (27/1/2016).

Asep menuntut kejelasan dari Bupati terkait Perda nomor 3 tahun 2014 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Sampai saat ini belum ada itikad baik dari Bupati untuk melaksanakan RPJMD.

“Ini sebagai bentuk kekecewaan kami karena sampai saat ini bupati banyak alasan. Garut sampai sekarang masih jadi kabupaten termiskin,” tukasnya.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengapresiasi tuntutan para mahasiswa. Aspirasi yang disampaikan telah sesuai perundang-undangan. Terkait RPJMD telah dijelaskan Rudy kepada para mahasiswa.

“Mereka ingin meminta komitmen dari kami untuk pelaksanaan RPJMD. Tuntutan dari mahasiswa juga saya dukung,” ujar Rudy usai berdialog dengan mahasiswa di Gedung DPRD Kabupaten Garut.

Rudy menegaskan akan konsisten melaksanakan pembangunan sesuai RPJMD. Aspirasi yang disampaikan mahasiswa menjadi masukan bagi Pemkab Garut.

“Mahasiswa tak ada kebencian kepada kami. Mereka ingin lebih baik lagi pembangunan di Garut. Setelah dijelaskan mereka memahami,” katanya. (Tim GE) ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN