Menyongsong Musim Mudik Lebaran, Dishub-Polres Garut Akan Razia Angkum Terkait KIR dan SIM

ILUSTRASI.

GARUT, (GE).- Kejadian kecelakaan lalulintas (lakalantas) yang melibatkan akutan umum (angkum) di wilayah Puncak, Cianjur, Jawa Barat, belum lama ini dijadikan bahan evaluasi pihak pihak terkait. Dinas Perhubungan (Dishub) serta Kepolisian Resort Garut segera melakukan razia kendaraan angkum, khususnya bus serta angkutan barang.

“Ya, minggu ini, kita agendakan untuk menggelar razia. Lihat saja nanti, secara prinsipil sudah ada kesepakatan Dishub dengan Polres,” ujar Suherman, yang tak lain Kepala Dinas Perhubungan Suherman, saat dijumpai sejumlah awak media di Mapolres Garut, Rabu, (3/5/17).

Menjelang musim mudik lebaran 2017, serta munculnya dua kecelakaan bus yang merenggut belasan korban jiwa di daerah Puncak mendesak lembaganya untuk melakukan upaya preventif. ” Tentu kita harus menjaga, jangan sampai kejadian itu terulang,” tukasnya.


Dikatakannya, pemeriksaan akan dilakukan untuk seluruh angkum, khusunya bus antar provinsi. Pemeriksaan ini akan difokuskan untuk SIM, KIR hingga dokumen kelayakan jalan kendaraan.

“Kita juga akan periksa mobil angkutan barang, terutama armada besar seperti tronton dan sejenisnya,” tandasnya.

Kadishub Garut mengingatkan, tanggung jawab mengingatkan pengelola armada untuk sentiasa bertanggung jawab, khususnya terkait kelengkapan dokumen. Selain itu, menurutnya, masyarakat juga harus turut mengawasinya.

“Masyarakat bisa langsung menanyakan SIM, KIR kepada pengemudi angkum. Apakah masih berlaku atau belum, termasuk mengingatkan sopir agar jangan ugal-ugalan. Jika masyarakat melihat pelanggaran laporkan saja. Nanti bakal ada tim uji yang datang, kalau memang melanggar bisa langsung dibekukan,” katanya. (ER)***

 Editor: SMS.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI