Mengusung Semangat Kemerdekaan, Pemkab Garut Optimis IPM dan Ekonomi Naik

KOTA, (GE).-  Di usia Republik Indonesia yang ke 71 tahun ini, pemerintah pusat mencanangkan program kerja nyata. Hal ini menjadi tema Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 71. Untuk mengimplementasikan program pemerintah pusat tersebut, Pemkab Garut mencanangkan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 1,5 persen dan peningkatan ekonomi lebih dari lima persen.

“Sekarang ini IPM kita naik 0,95 persen, biasanya hanya 0,5 persen dan sekarang ini kita akan upayakan 1,5 persen. Sedangkan laju pertumbuhan ekonomi kita inginkan lebih dari lima persen,” ujar Bupati garut, Rudy Gunawan, usai upacara bendera HUT RI ke 71, Rabu (17/08) di Alun alun Kecamatan Garut Kota.

Lebih lanjut, Bupati mengutarakan optimismenya tentang pencapaian IPM dan pertumbuhan ekonomi Garut sebesar itu. Sebab katanya, identifikasi masalahnya sudah diketahui, yakni kekurangan uang beredar di daerahnya.

“Karena saya sudah tahu identifikasi masalahnya, kita ini kekurangan uang beredar. Oleh karena itu mau tidak mau kita harus menyiapkan 68 ribu lapangan pekerjaan, dengan 68 ribu lapangan pekerjaan ini kita akan ada tambahan uang beredar sekitar Rp. 1 trilyun. Maka saya otimis bisa mencapai target IPM dan pertumbuhan ekonomi sebesar itu,” tandasnya.

Oleh sebab itu Rudy mengaku, pihaknya kini lebih fokus pada RPJMD dan sosialisasi program kepada masyarakat. Selain itu Ia berharap ada gotong royong dari masyarakat, terutama melalui program dakwah untuk membenahi mental dan memupuk jiwa sosial masyarakatnya. (Dief)***