Menghibur Warga, Ratusan Kusir Delman Adu Cepat di Lapangan Cihuni

Salah seorang kusir delman, menjadi joki dalam pertandingan eksebisi pacuan kuda antar kusir delman di Lapangan Cihuni, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Sabtu-Minggu (7-8/10/17)/ foto: Fauzani/GE.

GARUT, (GE).- Ratusan kusir delman selama dua hari sengaja meliburkan diri  dari menarik delmannya. Dalam dua hari tersebut para kusir delman dari berbagai daerah beralih profesi sementara menjadi joki di landasan pacu, Lapangan Cihuni, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Sabtu-Minggu (7-8/10/17).

Eksebisi pacuan kuda yang diikuti 200 lebih kusir ini diprakarsai oleh Paguyuban Kusir Delman Kabupaten Garut. Selain diikuti para kusir delman asal Garut, gelaran langka ini juga diikuti sejumlah penarik delman dari beberapa wilayah se Jawa Barat.


Tak pelak, perlombaan langka ini menjadi hiburan menarik nan seru warga sekitar. Antusiasme warga untuk menyaksikan pacuan kuda ini begitu tampak sejak hari pertama perlombaan digelar. Terlihat ribuan penonton bergerombol di sekeliling Lapangan Cihuni. Riuh redah dan sorak sorai penonton tak terelakan saat para joki dadakan memacu kuda kudanya dengan kecepatan maklsimal.

Seolah mereka tak mempedulikan cuaca yang panas. Bahkan Bupati Garut, Rudy Gunawan tak beranjak dari tempat duduk kehormatan untuk menyaksikan adu cepat para kusir delman tersebut. Bupati nampak asyik menonton pacuan kuda, sembari sesekali memberi semangat kepada para kusir yang sedang berlomba di lintasan pacu.

Salah seorang panitia penyelenggara, Asep Heri, mengatakan, para kusir delman yang mengikuti kegiatan ini lebih dari 200 orang. Mereka tak hanya berasal dari Garut, tapi juga luar Garut seperti Bandung, Tasik, dan Cirebon.

“Kegiatan ini selain dalam rangka silaturahmi para kusir delman, juga untuk menjaring bibit atlit muda, mencari joki terbaik dan kuda terbaik. Bahkan Ini sudah merupakan budaya masyarakat di sini, setiap tahun kami menggelar acara semacam ini,” ungkapnya.

Asep menambahkan, untuk pemenang lomba selain mendapatkan uang pembinaan dan hadiah, juga mendapatkan piala bergilir dari Bupati Garut. Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan menyampaikan apresiasinya atas gelaran acara pacuan kuda yang diadakan para kusir delman.

Menurut Rudy, selain memberi hiburan kepada masyarakat, kegiatan ini juga merupakan pengembangan wisata daerah yang bisa menarik kunjungan wisata. Ditambahkannya, Pemkab Garut dalam waktu dekat akan membangun arena pacuan kuda yang memadai di wilayah Citiis, kawasan Gunung Guntur.

“ Kita akan gunakan lahan yang berada di luar lapangan Camping di Citiis. Untuk pacuan kuda, di sana ada lahan sekitar 10 hektare yang bisa digunakan,” ujarnya.

Ada hal yang unik dalam kegiatan ini, siapa pun yang menang dalam lomba tersebut wajib menghibur penonton.  Bagi pemenang dalam pacuan kuda tersebut diwajibkan menari di atas kuda pacuannya dengan diiringi musik tradisional bangreng. Keseruan bertambah, saat pemenang dan timnya mengeluarkan saweran kepada penonton.

Salah seorang kusir delman yang menjadi peserta, Agus, mengaku bahagia bisa mengikuti acara tersebut. Sebelum bertanding, Agus mempersiapkan segalanya termasuk persiapan fisik, menjaga makanan dan berlatih, tentunya.

“Bahagia lah, bisa ikut dalam balapan kuda ini. Selain hiburan, kita juga bisa bisa melatih kuda supaya menjadi kuda yang tangguh. Untuk itu, sebelum bertanding saya mempersiapkan segalanya, termasuk fisik dan kesehatan kuda yang akan bertanding,” ungkapnya. (Fauziani) ***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI