Mengaku Bisa Datangkan Harta dari Nyi Roro Kidul, Dukun Ini Resahkan Warga Sukaregang

GARUT, (GE).- Aksi tipu tipu ala dukun kembali resahkan warga. Kali ini warga Kampung Sukaregang, Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, Garut, dibuat resah dengan keberadaan dukun yang kerap melakukan ritual aneh.

Praktik dukun dengan ritual menyesatkan ini belakangan membuat warga setempat geram. Bahkan warga Kampung Sukaregang sempat berinisiatif akan mengusir paksa dukun ini.

Demikian diungkapkan Danramil Garut Kota, Kapten Inf. Ahun, saat dikonfirmasi beberapa awak media, Senin (19/12/2016).


Kapten Ahun mengatakan, pelaku diidentifikasi sebagai buruh tani asal Kampung Cihuni, Desa Cihuni Kecamatan Pangatikan. Aksi dukun ini diketahui setelah berhasil mengelabui korban inisial HR (27) warga asal Kampung Paledang, Desa Suci, Kecamatan Karangpawitan.

“Ya, dukun ini diketahui melakukan ritual yang diakuinya bisa mendatangkan uang atau harta dari Nyi Roro Kidul. Persayaratan yang diminta kepada korbannya katanya untuk mengirim sesajen tiap malam selasa dan jum’at yang nilainya Rp 7.000.000.-.” katanya.

Dengan danya praktik tersebut, tentu saja masyarakat sekitar merasa resah, sehingga menimbulkan pergerakan masa menuntut agar praktik itu dihentikan. Untuk mencegah terjadinya aksi anarkis dari masyarakat, Forkopimcam Garut Kota akhirnya membawa pelaku dan korban ke Markas koramil untuk mediasikan.

“Setelah diadakan mediasi, pelaku menyatakan bertaubat dan tidak akan mengulangi perbuatannya,” ungkap Kapten Ahun.

Dijelaskannya, proses mediasi selesai hingga dini hari pukul 00. 30 WIB, Senin (18/12/2016). Sementara terakit kerugian materi dari korban, pihak korban tidak terlalu mempermasalahkan selama aksi pelaku tidak mengulanginya kembali. Sehingga pelaku dipulangkan ke daerah asalnya, diantar diantaranya oleh anggota Koramil Garut Kota.

“Pelaku lagi butuh uang, korban juga lagi butuh uang. Namun ya begitu, ternyata aksi pelaku hanya untuk menipu saja,” tukasya. (Memphis)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI