Memilukan, Sejak Menderita Lumpuh Nenek Ini Belum Pernah Berobat ke Dokter

TARKA,(GE).- Sungguh memilukan kondisi Mak Empat (60). Perempuan renta yang menderita lumpuh total ini, kini hanya bisa pasrah di rumah kontrakannya yang hanya berukuran 3×4 meter di Kampung Tegal Jambu, Rt 01/04, Kelurahan Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Salah seorang putra Mak Empat mengakui, ibunya mengalami kelumpuhunan sudah setahun terakhir. Awalnya pernah jatuh lasung muntah terus tidak bisa berjalan. Lama kelamaan kondisinya kian parah, hingga akhirnya mengalami kelumpuhan total sampai sekarang.

“Sejak sakit lumpuh, emak belum pernah dibawa ke dokter karena tidak mampu untuk biayanya. Hanya diobati obat kampung saja,” tuturnya, lirih.

Menurut Eha (41) anak Mak Empat, ibundanya juga sama sekali belum tersentuh bantuan dari siapapun, baik untuk berobat maupun bantuan alat. Bahkan dirinya sama sekali belum pernah didata, baik oleh pemerintah setempat, kecamatan, terlebih oleh dari Pemkab Garut .

“ Ya, begini nasib kami, akibat tidak ada dana untuk berobat dan untuk biaya hidup, Emak tidak bisa dibati secara maksimal. Mudah-mudahan jika sudah diberitakan ada yang mau bantu ngobatin Emak,” ucap Eha, seraya menyeka air matanya.

Diharapkannya, ada donatur atau dermawan yang mau mengulurkan tangan untuk meringkankan kondisi yang dialami Mak Emat. (Kus Kuswara)***