Memilukan ! Dalam Sepekan Empat Unit Rumah Warga Miskin Ambruk

KARANGPAWITAN,(GE).- Memasuki musim penghujan, kadang kalanya disertai angin kencang atau puting beliung. Kondisi ini tentunya sangat dikhawatirkan warga, khususnya yang menghuni rumah semi permanen. Kepala Desa Situsari Santi Cahyati mencatat, sedikitnya ada 60 rumah warga miskin di wilayahnya yang perlu segera mendapat perhatian dari pemerintah melalui program sosial rutilahu.

Kades Santi telah melakukan monitoring ke lapangan dan mendapati beberapa rumah warga miskin yang harus segera direhabilitasi. “Ya, sangat memprihatinkan, ada diantaranya ruma rumah warga kami yang terkatagori miskin kondisinya sangat memprihatinkan. Dan jika ada angin kencang sangat membahayakan,” ungkapnya.

Dalam sepekan terakhir ini, Pemerintahan Desa Situsari mencatat, sedikitnya ada 4 unit rumah keluarga miskin di wilayahnya ambruk diterjang angin puting beliung. Kini beberapa warga yang terkena musibah ini hanya bisa pasrah meratapi nasibnya.

“Kekhawatiran kita terbukti. Empat rumah ambruk dalam waktu berdekatan akibat terpaan angin kencang, hujan deras dan longsor. Beberapa hari sebelumnya rumah milik nek Edah yang berlokasi di Rt 3 Rw 3 ambruk akibat hujan deras. Kemudian menyusul rumah milik Ahmad Ketua RW 1 juga bernasib nahas . Dua hari berselang, tanah longsor akibat diguyur hujan juga menrobohkan bangunan rumah milik Dede dan Mang Obon di wilayah Rw 4.” Ungkapnya.

Santi Cahyati berharap, kejadian ini harua ditindaklanjuti bersama dan sesegera mungkin. Diakuinya, ia tidak bisa nyenyak tidur, karena khawatir musibah serupa kembali menimpa wargannya.
“Kasihan masyarakat yang kondisi rumahnya terancam bahaya serupa. Apalagi intensitas hujan belakangan ini semakin tinggi,” ucapnya cemas, Senin (7/12/2015).

Sebagai bentuk respon cepat, pihak Pemdes Situsari menanggulanginya sementara musibah ini dengan gotong-royong dari swadaya masyarakat.

“Alhamdulillah kita memberikan semangat kepada masyarakat agar bisa berempati pada sesama dalam bentuk swadaya gotong royong. Mereka dengan penuh antusias dan keikhlasan rereongan memperbaiki rumah para korban meski alakadarnya. Yang penting aman dan bisa ditempati sementara. Pak Camat juga memberikan respon positif. Kita berharap pemerintahan Kabupaten segera turun tangan,” harapnya. (DONI)***