Membangun Jiwa Wirausaha Sejak Dini, Sekolah Alam Garut Gulirkan Program “Market Day”

SEKOLAH Alam Garut memiliki visi melahirkan pemimpin berakhlaqul karimah. Dengan pendidikan berbasis agama, alam, dan budaya, baru baru ini menggulirkan program berwirausaha dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini. Selain itu, tujuan dari program ini adalah untuk mengetahui minat dan bakat dari masing-masing siswa agar setelah dewasa nanti sudah terbiasa mandiri dan mampu berfikir kritis sehingga dapat menciptakan peluang usaha di masyarakat.

Program ini dinamakan “Market Day” atau “Hari Pasar” yang dilakukan setiap hari Selasa pada jam istirahat. Setiap siswa diberi kesempatan untuk memasarkan produk yang dibawa dari rumahnya masing-masing. Produk tersebut berupa jajanan anak seperti cimol, bolu, jus, kerupuk, kue, kripik, basreng dan yang lainnya. Harga jajanan berkisar Rp 500 sampai Rp 3.000. Sekolah memfasilitasi kegiatan tersebut dengan menyediakan tempat di halaman sekolah.

Guru-guru sengaja membiarkan mereka melakukan pemasaran dan transaksi dengan cara mereka sendiri agar terbiasa mandiri dan mampu berfikir kritis. Anak-anak memasarkan produknya dengan cara menawarkan kepada siswa yang lain dengan cara asongan. Tidak hanya kepada siswa, mereka juga menawarkan kepada guru-guru dengan cara bernegosiasi. Akhirnya guru-guru pun berhasil terbujuk dengan membeli jajanan yang ditawarkan.


Seperti biasa setelah jam istirahat selesai, mereka menghitung hasil dagangannya. ”Rata-rata penghasilan dalam sekali pemasaran, mereka mendapatkan untung sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 28.000” tutur Nabil, salah seorang siswa kelas 3.

Diantara sejumlah siswa sudah tampak bibit-bibit wirausaha yang sudah terbentuk melalui program ini. Beberapa siswa yang sudah terlihat jiwa wirausaha tersebut diantaranta Calysta, Akyas, Fahmi, Gania, Galih, dan Nisa. Hal ini terlihat ketika mereka memilih produk, menawarkan produk dan cara mengajak konsumen untuk membeli dagangannya.

“Program ini sudah berlangsung dari akhir Agustus tahun 2016, dan akan dijadikan sebagai program rutin sekolah. Harapannya, dapat melahirkan sosok pemimpin yang berjiwa wirausaha sejak dini sesuai dengan visi dari Sekolah Alam Garut”, ucap Sutini S.Paud., selaku Kepala sekolah. (Acep Mulyana)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI