Masuk Kawasan Strategis Kabupaten, Kecamatan Selaawi Siapkan Tiga Desa Industri

SELAAWI,(GE).- Selama ini Selaawi diidentikan sebagai salah satu kecamatan tertinggal. Namun, seiring perkembangan zaman, kini Kecamatan di utara Kabupaten Garut ini dirancang akan masuk dalam Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) Garut.

Masuknya Kecamatan Selaawi ke dalam Kawasan Strategis Kabupaten ini dintandai dengan rencana pengembangan lahan industri di tiga desa, yakni Desa Selaawi, Desa Cirapuhan, dan Desa Mekarsari. Sedangkan empat desa yang lain, akan di jadikan desa penyangga, yaitu didesain sebagai kawasan desa wisata.

Demikian diungkapkan Camat Selaawi, Ridwan Efendi, S.STP., kepada ‘GE’ Kamis (24/12/2015). “Ya, Rencana besar tersebut bagian dari dari program pemerintah di tahun 2016 ini,” tandasnya.

Ridwan mengakatan, berbagai program pembangunan infra struktur terus digenjot, diantaranya, pembuatan jalan terobosan Selaawi – Malangbong, perbaikan jalan lintas Limbangan – Cibugel Kabupaten Sumedang, serta pembangunan jalan Tol Ctas yang melewati wilayah Selaawi.

Camat Selaawi menjelaskan, pihaknya akan menerapkan sistem hulu-hilir, yaitu suatu proses dimana tiga desa yang akan dijadikan kawasan industri disokong oleh empat desa lainnya. Salah satu bentuk sistem tersebut ialah empat desa non industri yang ada di Kecamatan Selaawi akan dibuat menjadi kawasan destinassi wisata bambu dengan luas mencapai 20 hektare.

“Dan nantinya kawasan ini diharapkan akan bisa mensuplai kebutuhan industri bambu di Desa Mekarsari. Jenis industri yang akan dibangun itu diantaranya meliputi industri yang berskala lokal, regional hingga internasional. Seperti pembangunan pabrik-pabrik layaknya kota-kota besar,” bebernya.

Dijelaskannya, alasan pemerintah yang aka menjadikan Kecamatan Selawi menjadi kecamatan industri ini, didukung oleh beberapa faktor, antara lain Selaawi mempunyai potensi lahan yang memadai, selain itu tata ruang dan pemerataanpun menjadi salahsatu faktor penunjangnya.

“Jika hal tersebut bisa diwujudkan, maka banyak dampak positif yang akan dirasakan oleh warga Selaawi dan sekitarnya, antara lain mengurangi angka pengangguran, meningkatkan taraf perekonomian, serta bertambahnya pemukiman yang bisa mendorong pertumbuhan di berbagai sektor. Dan yang terpenting bisa membebaskan Kecamatan Selaawi dari label Kecamatan tertinggal,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cirapuhan, Nandang Supendi yang desanya termasuk dalam perencanaan desa industri, sangat mendukung dengan rencana digulirkannya program pemerintah tersebut. Nandang berharap agar warga Kecamatan Selaawi, khusunya warga Desa Cirapuhan, bisa bangkit menjadi masyarakat yang sejahtera.

“Ya, tentunya kami mendukung dengan berbagai program yang digulirkan pemerintah. termasuk rencana pembangunan Desa Industri ini. Mudah-mudahan kedepannya Selaawi lebih maju dan sejahtera, sehingga masyarakatnya bisa bangkit menyongsong masa depan yang gemilang,” tandasnya. (Useu G Ramdani)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN