Lupa Mematikan Api, Rumah Buloh Ludes Dilalap Si Jago Merah

TARKID, (GE).- Rumah milik Buloh yang terletak di Kampung Babakan Loa, RT 2/7, Desa Tarogong, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ludes dilalap si Jago Merah. Penyebabnya ia lupa memadamkan api saat meninggalkan rumah. Hanya dalam beberapa menit saja, rumah Buloh berubah menjadi abu dan puing-puing sisa bangunan.

Kejadian tersebut, diketahui warga setempat pada pukul 08.45 Wib. Warga setempat langsung menghubungi pemadam kebakaran sehingga api tak menjalar ke rumah lainnya.

Lokasi kebakaran hanya berjarak sekitar 50 meter dari Jalan Otista. Tiga mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Pasalnya lokasi rumah berada di dalam gang padat penduduk.

Menurut salahseorang saksi mata, Ayat (65), mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00. Rumah milik Buloh tersebut diduga terbakar dari tungku di bagian dapur.

“Saat kejadian tidak ada orang di dalam rumahnya. Semuanya lagi pergi kerja ke kebun tomat,” ucap Ayat di lokasi kejadian, Rabu (2/3/2016).

Di rumah semi permanen tersebut, lanjut Ayat, memang terdapat banyak kayu bakar. Pemilik rumah diperkirakan lupa mematikan api saat meninggalkan kediamannya.

“Apinya cepat membesar karena banyak kayu. Beruntung warga langsung mengetahui dan menghubungi pemadam. Jadi api tidak merembet ke rumah yang lain,” ujarnya.

Akibat kejadian tersebut, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Pasalnya, seluruh isi rumah ludes dilalap si jago merah. Bahkan seluruh material rumah pun rata dengan tanah. (Idrus Adriawan)***