Lucu, Ada Sekretariat LSM dan Ormas Saat Diverifikasi Ternyata Gudang dan Kandang Ayam

PEMKAB, (GE).- Kabupaten Garut dikenal sebagai daerah yang dinamis. Ratusan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), berdiri di Garut. Namun sayangnya, masih banyak LSM yang berdiri hanya sesaat. Bahkan banyak LSM ketika diverifikasi sekretariatnya hanya gudang rongsokan dan ada juga jadi kandang ayam.

“Kesbang tidak bisa melarang siapa pun yang akan berorganisasi. Semuanya sudah dilindungi undang-undang. Bahkan Permendagri 33 menegaskan jika semua warga negara Indonesia bebas berorganisasi,” kata Kabid Ketahanan Bangsa, pada Kesbangpol Pemkab Garut, King Iwan Hendrawan belum lama ini.

Iwan tidak menampik jika organisasi seperti Gafatar bisa saja memanfaatkan situasi seperti ini. Apalagi, di Garut tercatat ada 320 organisasi masyarakat atau LSM. Bahkan jika dihitung dengan yang tidak mendaftar tentunya lebih banyak lagi.

Namun sayangnya, kata King, setelah diverifikasi hanya 30 persen saja yang benar-benar ada dan melakukan aktivitas. Sementara selebihnya sudah tidak ada jika disesuaikan dengan laporan awal.

“Ada salahsatu LSM ketika diverifikasi ke sekretariatnya hanya gudang barang. Bahkan ada juga yang sudah jadi kandang ayam,” ungkap King.

Hal tersebut bisa terjadi pasalnya LSM atau Ormas tersebut didaftarkan menggunakan rumah sendiri bahkan ada juga kontrakan. Jadi ketika diverifikasi dan sudah tidak beraktifitas sekretariatnya sudah berubah fungsi.

Saat ini Kesbangpol sedang melakukan verifikasi terhadap sejumlah ormas dan LSM. Dirinya berharap setiap organisasi harus tercatat dan melaporkan semua kegiatannya. Tujuannya agar tidak terjadi lagi Ormas atau LSM bodong.

King melanjutkan, ia mengimbau agar Ormas dan LSM yang sudah tidak aktif lagi segera melapor. Sehingga tak ada lagi orang-orang yang memanfaatkan kefakuman organisasi yang bersangkutan. Farhan SN***