Longsor Terjang Cilawu, Tiga KK Diungsikan

GARUT,(GE).- Sekira pukul 13.15, WIB, Rabu (1/3/2017) tebing setinggi kurang lebih 20 meter di Kampung Babakan Kawung, Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, ambruk setelah duguyur hujan deras. Longsoran maerial nyaris menimbun rumah warga di sekitar tebing.

Camat Cilawu, Ahmad Mawardi menyebutkan, longsor terjadi saat wilayah Kecamatan Cilawu diguyur hujan lebat.  “Ya, material longsor hampir saja menimpa rumah warga. ” kata Ahmad, Rabu (1/3/2017).

Dijelaskannya, letak rumah warga yang diketahui milik Diah berada tepat di bawah tebing. Sementara rumah warga lainnya bernama Karsono, berada persis di atas tebing yang mengalami longsor.


“Rumah bu Diah hampir tertimbun, sementara rumah pak Karsono di atas tebing juga nyaris tergusur longsoran,” katanya.

Ahmad memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor ini. Pihak Muspika Kecamatan Cilawu, mengungsikan warga yang menghuni dua rumah tersebut.

“Mereka yang dievakuasi ke tempat aman ada tiga KK (kepala keluarga), dengan jumlah jiwa sebanyak 11 orang. Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa Karyamekar, BPBD, Muspika Cilawu, dan masyarakat setempat berperan dalam proses evakuasi terhadap warga yang rumahnya hampir diterjang longsor ini,” ungkapnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI