Longsor Jebol Rumah Warga, Penghuni Rumah Masih Cemas Longsor Susulan

LEUWIGOONG, (GE).- Menyusul hujan deras dalam sepekan terakhir di beberapa wilayah, dikabarkan di wilayah utara kota Garut terjadi musibah longsor yang menimpa salah satu rumah warga, Sabtu (30/01/2016). Kejadian yang membuat shock warga sekitar ini, terjadi di Kampung Cijeungjing, Desa Karangsari, Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut.

Dalam kejadian ini, salah satu dinding rumah warga jebol diterjang material longsor. Beruntung dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Pada saat kejadian, pemilik rumah, Riyan (26) memang tengah berada bersama ibu dan ayahnya yang sedang sakit. Beruntung saat kejadian, semua penghuni rumah sedang berada di ruangan lain.

“Ya, saya kaget juga dengan kejadian ini, beruntung saat itu kita tidak sedang berada di ruangan yang tertimpa material longsor itu,” ungkap Rian.

Belakangan diketahui, dinding rumah yang jebol selebar 5 meter tersebut diakibatkan oleh material longsor yang disertai bongkahan batu cukup besar. Sebelum terjadinya longsor, warga sekitar sempat dibuat panik dengan suara gemuruh yang sisertai getaran tanah yang cukup kencang.

Ketua RT setempat, Umirudin (41), mengatakan, sesaat setelah mengetahui kejadian tersebut, dirinya segera melakukan evakuasi penghuni rumah bersama tetangga warga lainnya.

“Setelah mngevakuasi penghuni rumah, kita kemudian lapor ke pemerintahan desa. Saya sampaikan terima kasih kepada pemerintah desa Karangsari, dan warga semua yang sudah yang sudah membantu melakukan evakuasi.” Katanya.

Beberapa warga, termasuk pemilik rumah yang tertimbun longsor mengaku masih shock dan merasa khawatir jika terjadi longsor susulan. Terlebih intensitas hujan untuk daerah Garut dan sekitarnya diprediksi masih tinggi, di tambah di wilayah Desa Karangsari beberapa titik terindikasi merupakan tanah yang labil. (Useu G Ramdani)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN