Longsor Terjang Cikelet, Satu Rumah Ambruk dan Belasan Terancam

CIKELET, (GE).- Hujan deras mengguyur wilayah Garut Selatan telah mengakibatkan terjadinya longsor. Seperti terjadi di Desa Kertamukti, Kecamatan Cikelet, satu unit rumah milik warga ambruk diterjang longsoran tanah, Rabu (2/12/2015) sekira pukul 21.00.WIB. Selain itu belasan rumah lainnya juga terancam longsoran.

Camat Cikelet, Ahmad Mawardi, menuturkan longsor terjadi akibat hujan besar pada Rabu malam. Selain satu rumah ambruk, tiga rumah di Desa Girimukti dan 11 rumah di Desa Kertamukti terancam terkena longsor.

“Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Semua warga berhasil menyelamatkan diri,” ujar Ahmad saat dihubungi, Kamis (3/12/2015).

Ahmad menambahkan hingga kini pihaknya masih melakukan evakuasi dan pendataan. Sejumlah warga yang rumahnya terancam juga diimbau untuk mengungsi.

“Kami khawatir longsornya bisa membedar. Jadi warga suda diminta untuk mengungsi dulu. Bisa saja longsor susulan terjadi,” katanya.

Wilayah Garut Selatan dikenal sebagai daerah yang kerap terjadi longsor. Karena kontur tanah bebukitan ditambah intensitas hujan tinggi yang terjadi beberapa hari belakangan ini. (Farhan SN)***