Lelang Lima Jabatan Kadis di Pemkab Garut, Dua Kursi Sepi Peminat

GARUT, (GE).- Lima posisi jabatan eselon II setingkat kepala dinas, dilelang Pemerintah Kabupaten (Pem-kab) Garut. Kelima posisi tersebut yaitu Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo), Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim), dan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA).

Sampai berita ini diturunkan, sejumlah jabatan sudah mulai diperebutkan. Jabatan Kepala Dinas Pendidikan menjadi primadona. Sementara jabatan Direktur RSU dr. Slamet Garut dan Distarkim masih sepi peminat. Sehingga BKD Garut memperpanjang masa pendaftaran kedua calon instansi tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Iman Alirahman mengatakan, lelang jabatan tersebut dilakukan sebagai bagian dari ketentuan yang harus dilaksanakan Pemkab Garut sebagaimana diatur Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditindaklanjuti dengan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB). Ketentuan tersebut dalam rangka pengisian jabatan setelah diberlakukannya Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2016 yang diluangkan di daerah dalam Peraturan Daerah No. 9 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.


Menurut Iman, penyegaran jabatan di lima lembaga tersebut berdasarkan hasil evaluasi dari panitia seleksi (pansel). Kendatimikian, tidak menutup kemungkinan jika pejabat yang sekarang menduduki posisi tersebut akan kembali menempati jabatan itu jika pansel menyatakan hasil ujiannya, baik tes tertulis, wawancara, maupun psikotes dinilai baik.

“Pengisian jabatan itu direncanakan paling lambat 29 Desember, karena Januari 2017 harus sudah dengan SOTK baru dengan pejabat-pejabat yang sudah dikukuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Garut, Asep Sulaeman Faruq, mengaku masa pendaftaran jabatan Kadistarkim dan calon direktur RSU dr. Slamet Garut diperpanjang hingga 12 Desember 2016 mendatang. Alasannya, jumlah pelamar untuk kedua dinas ini baru dua orang. Namun jika batas tambahan waktu yang telah ditentukan masih belum ada peminatnya tim Pansel akan menyerahkan nama pendaftar tersebut.

“Memang ada dua instansi yang masih kurang peminatnya, jadi pendaftarannya diperpanjang,” ujar Asep Faruq, Jumat (09/12/2016).

Masih menurut Asep, untuk dinas lainnya, saat ini proses lelang jabatan sudah mencapai tahap wawancara dan penyampaian karya tulis. Direncanakan tim Pansel akan menyerahkan hasilnya kepada bupati pada tanggal 21 Desember 2016. Sehingga di akhir bulan ini semua jabatan sudah terisi dan segera dilakukan pelantikan.

“Berdasarkan jadwal, pelantikan akan dilakukan pada tanggal 28,29 dan 30 Desember 2016. Sehingga awal Tahun 2017 semua jabatan SOTK baru sudah terisi,” harap Asep.

Asep menandaskan, pelantikan pejabat terpilah akan dilakukan secara bertahap. Tak kurang dari 1800 pejabat yang nanti akan dilantik terdiri dari eselon II, III dan IV. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI