Legitnya ‘Ladu Nikmat’ Malangbong

PERKEMBANGAN kuliner dan resep makanan Indonesia saat ini semakin beraneka ragam, hal ini dikarenakan oleh kemajuan akan teknologi juga kebutuhan akan panganan yang bercitarasa Nusantara. Seperti kita ketahui, Kabupaten Garut mempunyai banyak keaneka ragaman dalam hal makanan khas, diantaranya : Dodol, kerupuk kulit, burayot, emplod, rangginang, dan masih banyak lagi.

Salah satu makanan khas Garut yang bercitarasa manis salah satunya adalah Ladu. Penganan berbahan baku utama beras ketan ini merupakan makanan khas asal Kecamatan Malangbong. Keberadaan Ladu ini konon telah eksis sejak tahun 1930-an. Pada awalnya masyarakat stempat membuat makana khas ini adalah sebagai kudapan untuk para tamu yang datang ke rumah mereka. Namun, seiring perkembangan, dan juga dengan banyaknya permintaan dari masyarakat ataupun para tamu dari luar Malangbong, akhirnya banyak masyarakat yang memproduksi ladu untuk dikomersilkan.

Ladu merupakan makanan bercitarsa manis yang terbuat dari beras ketan dan gula aren pilihan. Teksturnya agak kasar namun apabila digigit kenyal seperti dodol. Popularitas Ladu dari waktu ke waktu terus meningkat, seiring menjamurnya bisnis kuliner di tanah air.

Salah satu Ladu yang terkenal di Malangbong adalah “Ladu Nikmat” yang diproduksi oleh Ny. Agus Samsudin. Merek dagang ala Ny. Agus ini berpusat di Jalan Raya Malangbong (Kebon kalapa) RT. 01 RW. 01, Kecamatan Malangbong, Garut.

Bahan-bahan yang digunakan dalam produksi ladu nikmat merupakan bahan pilihan yang didatangkan langsung dari supplier terpercaya, juga melalui proses seleksi yang sangat ketat. Bahan-bahan yang kurang berkualitas akan mempengaruhi akan rasa dan citarasa dari ladu itu sendiri.

Banyak jenis ladu yang diproduksi oleh masyarakat Malangbong, namun produksinya hanya akan ada apabila ada hari besar seperti Lebaran atau libur panjang. Lain halnya dengan “Ladu Nikmat” ini yang diproduksi setiap hari, dikarenakan permintaan konsumen yang tinggi.

Ladu Nikmat dapat dengan mudah dijumpai dan diperoleh di toko oleh oleh yang berada diseputar Malangbong atau dapat dengan mendatangi langsung ke tempat produksi Ladu Nikmat. (Cep)***