Layani Kesehatan Warga, PT KAI Buka “Rail Clinic” di Stasiun Cibatu

Salah seorang petugas medis mencatat warga yang memeriksa kesehatannya dalam ‘Rail Clinic’ yang disedikan PT KAI di Stasiun Cibatu, Garut, Kamis (25/01/2018)***

GARUT, (GE).- Sebagai wujud kepedulian akan kesehatan warga sekitar, PT Kereta Api Indonesia (KAI) berkerjasama dengan GE Transportation menggelar bhakti sosial di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Kamis (25/1/2018).

Pelayanan kesehatan berupa cek kesehaatan gratis bagi waga sekitar yang diberikan PT KAI ini dilakukan dengan cara sedikit berbeda, yakni  di sebuah gerbong kereta yang disebut Rail Clinic.

Dalam Rail Clinic,  PT KAI (persero) menyediakan empat unit gerbong khusus untuk pelayanan kesehatan. Dua di antaranya untuk kesehatan dan dua kereta pustaka yang dinamakan Rail Library.


Sedangkan, pada Rail Clinic generasi-generasi sebelumnya,  hanya terdiri atas dua unit kereta kesehatan saja di tiap rangkaiannya. Untuk versi generasi ke empat ini, di dalamnya pun dilengkapi fasilitas laboratorium hematology analizer sysmex berbasis komputer untuk mengetahui beragam jenis penyakit yaitu kanker, diabetes, dan sebagainya.

Menurutt Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Saridal, Rail Clinic ini merupakan bentuk kerjasama antara PT KAI dengan PT Jasa Raharja, untuk peningkatan kesehatan masyarakat.

“Di dalamnya ada alat kesehatan umum, alat kesehatan gigi, alat kesehatan mata, alat laboratorium, alat kesehatan THT, interior room, dan elektronik,” kata Saridal di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut.

Dengan adanya Rail Clinic diharapkan akan terwujud jalinan erat antara PT KAI dengan mitra kerja, agar tetap terus melayani masyarakat. “Komitmen ini akan terus dijaga,” tandasnya.

Dalam pelaksanaannya, layanan kesehatan di Stasiun Cibatu, Garut, diikuti ratusan warga sekitar Kecamatan Cibatu. Warga yang sebagianya berusia lanjut tanpak atusias mengecek kesehatannya di dalam Rail Clinic yang telah disediakan PT KAI. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI