Lagi-lagi Diduga Akibat Tabung Gas Meledak. Seorang Kakek Tua Nyaris Tewas Terpanggang Api yang Membakar Rumahnya

KEPULAN asap masih terlihat membumbung dari sisa reruntuhan rumah Ahmad dan Naup di Kampung Cinta Asih, Kelurahan Muara Sanding, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang ludes terbakar, Selasa (4/4/17) sekira pukul 06.00 WIB. (Mempis/GE)***

GARUT, (GE).- Lai-lagi diduga akibat tanbung gas meledak, dua rumah warga di Kampung Cinta Asih, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ludes dilalp si jago merah, Selasa (4/4/17) pagi sekira pukul 06.00 WIB.

Menurut saksi mata di lapangan, musibah kebakaran yang menimpa rumah milik seorang kakek tua, Ahmad (68), dan Naup (50) itu, diwali sebuah ledakan diduga berasal dari dapur rumah Ahmad. Sesat kemudian, api pun langsung berkobar.

Sang pemilik rumah, Ahmad, nyaris tewas terpanggang kalau saja warga tidak segera mengevakuasinya ke tempat aman. Saat kejadian, Ahmad memang sedang tertidur pulas di kamarnya.Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, rumah dan seluruh barang berharga milik Ahmad dan Naup ludes dilumat si jago merah. Selain itu, sejumlah ayam ternak milik warga sekitar pun ikut terbakar.


“Apinya besar, saat saya liat apinya sudah membumbung ke atas, kayaknya dari gas bocor,” ungkapnya Fahrudin (54) kepada “GE” di tempat kejadian perkara (TKP).

Menurut  Fahrudin, tiupan angin yang cukup kencang saat itu membuat api cepat membesar dan sulit untuk dipadamkan. Api yang berasal dari rumah Ahmad kemudian merembet ke rumah milik Naup yang berada tepat di samping rumah Ahmad. Aibatnya,  kedua rumah tersebut luluh lantak.

Warga sekitar yang melihat kebakaran tersebut,  langsung beramai-ramai berusaha membantu memadamkan api dengan alat seadanya Tidak lama kemudian, tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Dinas Kebakaran Kabupaten Garut tiba di TKP.
Dikatakan lebih jauh, sejak malam hari tiupan angin di kawasan tersebut dirasakan cukup besar. Karena itu, kobaran api agak sulit dipadamkan. Kepanikan pun sempat melanda warga sekitar. Mereka khawatir, api menjalar ke rumah warga lainnya.

Sampai sejauh ini, belum ada keterangan resmi penyebab kebakaran. Hanya saja dari suara yang terdengar sebelumm kebakaran, warga menduga penyebabnya dari ledakan tabung gas. Begitu juga, berapa jumlah kerugian materi yang diderita Ahmad dan Naup, hingga berita ini dibuat belum ada keterangan pasti dari pihak terkait. Untuk tempat tinggal sementara, Ahmad dan Naup diungsikan ke rumah tetangganya. (Sony MS/GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI