Lagi, Dua Penghargaan Diraih Pemkab Garut di Hari Anak Nasional 2018

Prosesi pemberian penghargaan kepada Bupati Garut, dalam acara peringatan Hari Anak Nasional 2018 di Dyandra Convention Hall, Surabaya, Senin (23/7/2018) malam.***

GARUT, (GE).- Sedikitnya dua penghargaan kembali diraih Kabupaten Garut. Pemberian penghargaan tersebut diterima Pemkab Garut dalam rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional Tahun 2018 yang dipusatkan di Kota Surabaya, yakni sebagai Kabupaten Layak Anak (Tingkat (Pratama) dan Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak Terbaik. Prosesi Pemberian penghargaan berlangsung di Dyandra Convention Hall, Surabaya, Senin (23/7/2018) malam.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, secara langsung menerima penghargaan dari Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Susana Yembise. Usai menerima penghargaan, Bupati Garut Rudy Gunawan, mengungkapkan rasa syukurnya atas diraihnya penghargaan tersebut.

“Inilah hasil yang bisa kita raih, untuk pertama kali sejak penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak digulirkan,” ujarnya, didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Drs. Toni T Somantri, M.Si, Senin malam (23/7/2018).


Kepala DPPKBPPPA Kabupaten Garut, Drs.Toni T Somantri, M.Si, diadmpingi Kepala Bidang Perlindungan Anak, Drs. rahmat Wibawa, M.Si, menuturkan, penghargaan ini merupakan pertama kali diraih Kabupaten Garut, meski pada tahun 2017 Kabupaten Garut pernah dinilai, namun karena saat itu Kabupaten Garut masih menghadapi recovery pasca bencana banjir bandang Sungai Cimanuk, maka pihak penilai memberikan toleransi atas penilain dimaksud.

Disebutkan Toni, Kabupaten Garut tahun ini meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama, meski nilai yang diraih dari hasil input data dan verifikasi meraih 710,85 point, setara dengan tingkat Nindya, namun karena baru pertama kali, maka Kabupaten Garut meraih penghargaan untuk tingkat Pratama saja.

Toni juga secara khusus mengucapkan apresiasi kepada SKPD, kelompok-kelompok masyarakat, perusahaan swasta, BUMN/BUMD melalaui CSR-nya yang turut mendukung melalui input data yang terakumulasi meraih nilai yang cukup tinggi, sehingga menjadi bekal yang cukup bagi peningkatan ke depan sebagai Kabupaten Layak Anak dengan tingkatan yang lebih tinggi.

“Semoga ke depan lebih meningkat lagi soliditas dan sodaritas untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak yang paripurna,”pungkasnya.

Sementara itu, dalam rilisnya, Kementerian PPPA memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah yang menyelenggarakan layanan perlindungan bagi perempuan dan anak. Menteri PPA Yohana Susana Yembise menjelaskan total ada 177 yang berhasil mendapatkan penghargaan, dari 389 kabupaten kota yang dievaluasi.

Jumlah 177 di antaranya adalah penghargaan kepada 10 Pemerintah Provinsi, penghargaan utama Kota Layak Anak (KLA) diberikan kepada 2 kota, penghargaan Nindya diberikan kepada 11 Kabupaten Kota, penghargaan Madya diberikan kepada 51 kabupaten kota, dan penghargaan Pratama, 113 Kabupaten kota.

“Kami memberikan penghargaan sebanyak-banyaknya agar kabupaten kota yang belum berkesempatan terus terpacu. Sekaligus agar kabupaten kota dapat mendorong keluarga, masyarakat, media di wilayahnya semakin paham upaya pemenuhan hak anak,” kata Yohana Yembise. (Tim GE)***

Editor:ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI