Lab Komputer Mini Karya Anak Muda Garut jadi Nominasi “Satu Indonesia Award”

KOTA, (GE).- Sebuah kabar gembira dari anak-anak muda Garut prestatif dan kreatif. kabar yang boleh dibilang membanggakan ini datang dari sekelompok siswa yang berhasil di bidang eskul. Para anak muda ini menunjukan prestasinya dalam bidang teknologi informasi dan komuikasi (TIK) melalui Komunitas Steam Club Indonesia dengan inovasi Laboratorium Komputer mininya. Lab komputer mini karya anak Garut ini berhasil menjadi nominasi dalam ajang Satu Indonesia Award yang digagas PT Astra Internasional TBK.

Demikian disampaikan Dawis Akbar, yang merupakan anggota Steam Club Indonesia beserta tiga anggota lainya dalam audensi dengan Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Dik Dik Hendrajaya di Kantor Diskominfo Kabupaten Garut, Jalan Otista 278 A Garut, Selasa (23/8/2016).

Dawis Akbar, yang juga pembimbing di komunitas TIK Steam Club Indonesia ini mengatakan jika laboratorium komputer mini tersebut dalam rangka upaya untuk menciptakan sebuah Lab. komputer dengan biaya ekonomis.

“Untuk satu paket lab. komputer yang bisa digunakan untuk satu kelas cukup dengan biaya sekitar Rp 7 juta. Kami sudah beraudensi dengan Pak Dik Dik (Kadiskominfo) dan saat ini kami sedang mengembangkan lab. komputer mini tersebut,” ungkapnya.

Diakuinya, selain perhatian dari Pemda Garut, pihaknya juga mendapat perhatian dari pihak PT Astra yang tengah menyelenggarakan Indonesia Award dan lab komputer hasil karya Steam Club Indonesia masuk 4 besar di bidang teknologi. Darwis minta
doanya dari masyarakat Garut agar perwakilan dari Kabupaten Garut ini menjadi nominasi yang pertama.

Dikatakannya, Senin hingga Kamis (22-25 Agustus 2016) ini akan ada kunjungan lapangan dari Gruop Tempo yang akan langsung melihat kegiatan lab. komputer mini tersebut. Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan wawancara peserta dan seterusnya Pemkab Garut untuk melihat responya.

“Alhamdulillah respon Pemkab Garut khususnya Diskominfo sangat mendukung sekali. Sejak mengikuti lomba Inaicta beberapa waktu lalu, Diskominfo terus memberikan dukungan pada kami,” ungkapnya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Dik Dik Hendrajaya mengungkapkan rasa kagumnya terhadap kreativitas anak-anak muda Garut tersebut. Dia menilai, selain menguasai ilmu TIK, mereka juga dapat berbagi ilmu kepada teman-teman se sekolahnya.

“Kami akan selalu mendukung dan berkolaborasi memajukan TIK di Kabupaten Garut.
Kegiatan lab komputer mini ini sangat luar biasa dimana anak-anak sekolah dasar bisa menstrasferkan ilmunya ke orang lain,” komentar Dik Dik.

Selanjutnya, tutur Dik Dik, Dikominfo Garut mempuyai program inovasi antara lain GAPAI (Garut Pandai Internet).  Diakui Dik Dik, kekaguman yang dirasakannya ini bukan tanpa alasan karena anggota Steam Club Indonesia ini sebagian besar alumni ajang Inaicta (Indonesia ICT Award), Aficta (Asian Pasific ICT Award) serta kompetisi TIK lainya. Saat ini mereka kebanyakan masih duduk di SMP, tetapi sudah menjadi mentor di Lab. komputer mini bagi adik-adik kelasnya. (Tim GE)***