Kurungan Penjara Jadi Ancaman Bagi Pemelihara Elang

SAMARANG, (GE).- Jangan coba-coba pelihara burung elang kalau Anda tidak mau masuk kurungan penjara. Burung elang dikenal sebagai salah satu hewan yang dilindungi jadi tak seorang pun yang boleh memeliharanya.

Saat ini di Kabupaten Garut telah disediakan tempat penangkaran berbagai jenis elang yang mengalami luka-luka akibat ulah manusia. Setelah direhabilitasi elang yang sudah dalam kondisi normal akan kembali di lepaskan ke alam liar.

Di tempat ini sedikitnya ada 24 ekor elang yang sedang direhabilitasi. Dari sekian banyaknya elang yang masuk penangkaran ada satu elang yang tidak bisa dilepasliarkan.

Elang itu diberi nama Tobrin yang tak bisa terbang karena sayapnya telah diamputasi. Memori elang yang kuat, membuat elang mengalami trauma saat berhadapan dengan manusia.

“Yang tak bisa dilepas kami simpan di kandang display. Biar pengunjung yang datang ke sini bisa tahu kondisi elangnya. Sebagai edukasi juga agar tak memelihara hewan yang dilindungi,” katanya.

Satu pemilik elang, lanjut Zaeni, juga telah diproses hukum dan mendapat hukuman selama tiga bulan akibat menyiksa elang. Bahkan kini satu pemilik elang lainnya juga tengah diproses hukum.

“Elang itu kan bukan untuk dipelihara. Jadi jika ada yang memelihara lebih baik segera diserahkan. Jangan sampai sifat liarnya menjadi hilang,” ucapnya. Farhan SN***