Kunjungi Korban Banjir Cimanuk, Presiden Jokowi: Saya Akan Perintahkan Kapolri untuk Menangkap Pelaku Pengrusakan Hutan

KOTA,(GE).- Sebelumnya sejumlah pejabat negara secara bergantian mengunjungi korban banjir bandang di Garut. Bahkan, hari ini, Kamis (29/9/2016) presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus menyempatkan diri unutk menengok kondisi terakhir di daerah terdampak amuk Cimanuk.

Setibanya di Garut, Presiden Jokowi bersama rombongan langsung mengunjungi para korban banjir di beberapa lokasi penampungan pengusngsi, diantaranya Makorem, Asrama Lapang Paris serta wilayah Cimacan.

Usai melakukan kunjungan ke lokasi korban banjir, Jokowi menggelar konferensi pers, Di hadapan sejumlah awak media, Ia menyampaikan beberapa poin instruksinya, pertama, terkait pencarian korban hilang yang berjumlah 19 orang akan terus dilakukan oleh pihak Basarnas


“Saya berikan kewenangan penuh kepada Basarnas untuk menentukan pencarian korban hilang. Untuk santunan terhadap para keluarga korban telah diberikan sepenuhnya oleh Menteri Sosial.” Tandasnya.

Dikatakannya, mengenai rencana pembangunan rumah susun, agar pembangunan secepatnya dilaksanakan, membangun 2 tower. Namun hal tersebut masih terkendala oleh lahan yang masih didiskusikan.

“Yang ke tiga mengenai kerusakan di hulu sungai, sepenuhnya akan diselesaikan oleh kementrian kehutanan dan lingungan hidup. Sudah turun ke lapangan dan akan dilakukan proses dalam rangka konservasi tanah yang ada disana. Saya juga akan memerintahkan Kapolri untuk menindak tegas para oknum yang merusak hutan.” Bebernya.

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi didampingi oeh beberapa pejabat negara, diantaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Kapolda Jabar Bambang Waskito, serta beberapa pejabat tinggi lainnya.

“Untuk pencarain korban, Basarnas saya perintahkan untuk terus melakukan pencarian, untuk rencana pembangunan rumah susun saya sudah bertanya kepada Bupati Garut mengenai kesiapan masyarakat untuk direlokasi. Saya akan bangun secepatnya 2 tower, saya juga akan memerintahkan Kapolri untuk menindak para pelaku pengrusakan hutan yang mengakibatkan banjir ini.” Tandasnya. (Hakim AG) ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI