Kualitas dan Kuantitas Bencana di Garut Menurun

KOTA, (GE).-
Selama tahun 2015, jumlah kejadian bencana bencana alam yang terjadi di Kabupaten Garut mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan pada tahun ini, BPBD Garut kian mengoptimalkan kesiapsiagaan desa tangguh bencana di beberapa desa yang dianggap rawan.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Dadi Djakaria, menyebutkan berdasarkan data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, selama tahun 2014 tercatat ada 343 kasus bencana alam yang terjadi. Sedangkan tahun 2015 tercatat ada 273 kasus bencana alam yang terjadi.
Menurut Dadi, kasus bencana alam yang paling sering terjadi selama dua tahun terakhir berupa bencana longsor dan kebakaran rumah. Kasus kebakaran rumah sepanjang 2014 terjadi 117 kali dan ditambah satu kasus kebakaran pasar. Sementara itu sepanjang tahun 2015, kasus kebakaran rumah bertambah menjadi 132 kasus dan ditambah satu kasus kebakaran pasar.
Untuk bencana longsor, tambahnya, terjadi 117 kali di 2014 dan 56 kali selama tahun 2015. Selain dua bencana tersebut, di wilayah Garut juga kerap teerjadi banjir bandang, jembatan ambruk dan gempa bumi.
“Beruntung gempa bumi yang terjadi sebanyak sembilan kali sepanjang 2015 tidak mengakibatkan kerusakan atau tsunami. Namun demikian BPBD telah memasang alat pendeteksi tsunami di sepanjang pesisir selatan Kabupaten Garut,” ujar dadi, Rabu (6/11/2016).
Dadi juga menerangkan, selain memasang alat pendeteksi tsunami, pihaknya juga telah memasang alat pendeteksi longsor di sejumlah titik rawan longsor. Alat pendeteksi dini tanah longsor ini di antaranya dipasang di Kecamatan Pamulihan, Talegong dan Cilawu. Sementara, alat pendeteksi tsunami dipasang di Kecamatan Pamengpeuk, Cikelet dan Caringin.
Masih menurut Dadi, menjelang akhir tahun 2015 untuk menyambut 2016, BPBD semakin mengoptimalkan kesiapsiagaan desa tangguh bencana di beberapa desa yang dianggap rawan. Tim reaksi cepat tanggap juga harus semakin siaga. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN