Kreativitas Perayaan Kemerdekaan di Garut, Bendera Raksasa Berkibar di Batu Tumpang Cikajang

CIKAJANG, (GE).- Kreativitas warga Garut seakan tak pernah ada hentinya. Pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 71 bendera merah putih berukuran jumbo 60 x 30 meter dipasang membentang oleh komunitas panjat tebing dan pecinta alam di tebing Batu Tumpang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (17/8/2016).

Pemasangan bendera merah putih itu digelar secara resmi dengan melakukan upacara dan pembacaan Proklamasi yang dihadiri unsur TNI, Polri dan perwakilan pemerintah setempat.

Perwakilan panitia, Adam Ginanjar mengatakan pemasangan bendera merah putih itu dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan Indonesia dari para anak muda, dengan tema Bhineka Tunggal Ika II Persembahan Anak Bangsa. Kali ini upacara bendera dikemas dengan kreativitas lain. Tujuannya agar generasi muda lebih mencintai bangsanya.

Sementara itu, Wakil Komandan Yonif 303 TNI, Cibuluh Garut, Mayor Inf. Toni Oki yang menjadi inspektur upacara mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan kaum muda itu merupakan wujud untuk meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara Indonesia. Ia menyampaikan pemasangan bendera di tebing batu memiliki makna semangat anak bangsa, yang siap berkorban untuk bangsa dan negara.

Menurut dia, pemasangan bendera dengan melakukan panjat tebing itu memiliki resiko bahaya bagi jiwa pemanjatnya. Namun kegiatan ini dilakukan oleh pwtugas terlatih.

Pemasangan bendera merah putih tahun sebelumnya lebih kecil yakni berukuran 40 x 30 meter, sedangkan saat ini sebesar 60 x 30 meter. Tentunya, kata ia, kreativitas seperti ini harus terus dikembangkan untuk meningkatkan kecintaan anak muda kepada bangsanya. Farhan SN***