KPUD Garut Tutup Pendaftaran, Tiga Parpol Terancam Dicoret

Reza Alwan Sofnidar, Komisioner bagian hukum KPUD Garut./foto: Useu G Ramdani.***

GARUT, (GE).- Waktu pendaftaran partai politik (Parpol) ke KPUD Garut sudah berakhir. Batas waktu yang diberikan KPU untuk mendaftarkan partai politik tersebut  paling lambat hari ini, Selasa, 16 Oktober 2017 pukul 24.00. WIB.

Komisioner bagian hukum KPU Kabupaten Garut, Reza Alwan Sofnidar, mengatakan, sampai batas waktu pendaftaran habis, tercatat ada 19 parpol yang sudah mendaftar. Dari 19 Parpol tersebut, 3 diantaranya masih dianggap belum bisa melengkapi berkas pendaftaran. Ketiga Parpol yang belum lengkap berkas pendaftarannya, diberikan waktu 1×24 jam untuk melengkapi berkas sesuai aturan yang berlaku.

Tiga partai yang dianggap belum lengkap dalam persyaratan pendaftaran diantaranya Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Indonesia Kerja (Pika).


“Dari 19 partai politik yang mendaftar ke KPU Kabupaten Garut, 7 partai merupakan partai baru sedangkan 12 partai lainnya adalah partai yang sudah pernah ikut dalam pemilu sebelumnya,” ungkapnya.

Menurut Reza, setelah dianggap memenuhi persyaratan dalam pendaftaran, partai-partai politik ini masih harus menjalani dua tahapan verifikasi, yaitu penelitian administrasi dan verifikasi faktual di lapangan.

“Tahapan penelitian administrasi, adalah pencocokan nama dengan data yang ada di E-KTP dan KTA. Hal tersebut akan dilakukan KPU mulai tanggal 17 Oktober sampai tanggal 15 November 2017,” katanya.

Dijelaskannya, selain harus mengikuti verifikasi penelitian administrasi, khusus untuk partai yang baru, KPU akan melakukan verifikasi faktual lapangan. Sedangkan partai lama  tidak masuk dalam verifikasi faktual oleh KPU.

“Semua rangkaian verifikasi yang akan dilakukan oleh KPU terhadap partai politik tersebut akan berlangsung dari mulai bulan Oktober 2017 hingga awal Januari 2018. Jadi perjalanan partai politik untuk bisa ikut dalam pemilu 2019 masih panjang,”  pungkasnya. (Useu G Ramdani)***

Editor: Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI