KPU Resmi Tetapkan Pemenang Pilkada Garut 2018, Rudy-Helmi Segera Dilantik

Rudy Gunawan-Helmi Budiman

GARUT, (GE).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, akhirnya secara resmi menetapkan pasangan calon Bupati Garut Rudy Gunawan-Helmi Budiman sebagai pemenang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Garut 2018.

“Melalui rapat pleno terbuka ini artinya Rudy Gunawan dan Helmi Budiman sudah sah ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Garut,” kata Ketua KPU Garut, Hilwan Fanaqi usai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Garut di Garut, Selasa (24/07/18).

Hilwan menegaskan, KPU Garut telah melaksanakan agenda pilkada tahun ini (2018) dari mulai persiapan sosialisasi, pendaftaran hingga pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan suara.


” Semua proses tahapan pilkada berjalan lancar, setiap tahapannya tidak ada kejadian luar biasa yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada Garut. Kontestasi hal yang wajar, tidak ada perpecahan,” katanya.

Dijelaskannya, hasil penghitungan suara, pasangan Rudy Gunawan-Helmi Budiman memperoleh suara unggul dibandingkan tiga pasangan calon lainnya. Usai penetapan perolehan suara, diakui KPU Garut tidak menerima laporan atau pihak yang melakukan gugatan terhadap hasil perolehan suara tersebut.

“Karena tidak ada gugatan dari pihak tertentu, maka KPU Garut menetapkan pasangan Rudy-Helmi sebagai pemenang,” tandasnya.

Ditambahkannya, KPU Garut akan menyerahkan hasil penetapan Bupati Garut dan Wakil Bupati Garut terpilih ke DPRD Garut. KPU Garut, sudah tidak memiliki kewenangan lagi setelah penetapan tersebut, tahapan pelantikan kepala daerah terpilih diserahkan ke DPRD Garut.

“Kita hanya sebatas menyerahkan hasil penetapan ke DPRD Garut sesuai peraturan, untuk selanjutnya pelantikan dilakukan oleh DPRD,” tukasnya.

Pemenang Pilkada Garut merupakan pasangan petahana Bupati Garut Rudy Gunawan dan Wakilnya Helmi Budiman meraih 428.113 suara atau 35,80 persen, kemudian pasangan Iman Alihraman-Dedi Hasan mendapatkan 395.283 suara atau 33,05 persen.

Selanjutnya pasangan Suryana-Wiwin (jalur perseorangan) memperoleh 132.667 suara atau 11,09 persen dan pasangan Agus Hamdani (mantan Bupati Garut 2013-2014)-Pradana Aditya memperoleh 239.848 suara atau 20,06 persen.

Raihan suara tersebut dari jumlah suara yang sah sebanyak 1.195.911 suara dan tidak sah 72.626 suara dengan persentase partisipasi masyarakat sebesar 70,41 persen cukup jauh dari target KPU Garut 75 persen. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI