KPU Mulai Buka Pendaftaran Calon Legislatif, Syaratnya Minimal Tamatan SMA/Sederajat

GARUT,(GE).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut per tanggal 4 Juli 2018 mulai membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) untuk tingkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Proses pendaftaran Caleg DPRD ini dijadwalkan berlangsung hingga tanggal 17 Juli 2018.

“Mulai tanggal 4 Juli kita mulai disibukan dengan penerimaan caleg untuk tingkat kabupaten,” ujar Ketua KPU Garut, Hilwan Fanaqi di hadapan sejumlah awak media, Rabu (04/07/2018).

Dijelaskannya, pendaftaran caleg tersebut merupakan tahap pertama, untuk selanjutnya dilakukan verifikasi berbagai persyaratan hingga akhirnya ditetapkan sah sebagai caleg.
Sesuai peraturan KPU, kata dia, pendaftar caleg minimal sudah berusia 21 tahun dan pendidikan minimal SMA sederajat atau Paket C yang memiliki legalitas setingkat SMA.


“Minimal pendidikan SMA, usianya minimal 21 tahun, untuk maksimal usianya tidak ada, sudah usia tua juga boleh daftar,” katanya.

Ia menyampaikan, sesuai peraturan KPU pendaftaran caleg berlaku bagi seluruh partai politik yang sudah terverifikasi dan tidak diperbolehkan bagi mantan narapidana korupsi.
Jumlah kursi yang tersedia di DPRD Garut, kata dia, sebanyak 50 kursi dengan lima daerah pemilihan (dapil) yang terbagi untuk 42 kecamatan.

“Garut ini terbagi lima dapil dengan jumlah kursi di DPRD Garut sebanyak 50 kursi,” katanya.
Ia menambahkan, bagi kader partai yang ingin daftar ke DPRD tingkat Provinsi Jawa Barat atau DPR RI sesuai aturan dapat mendaftarkan diri ke KPU sesuai tingkatan.

“Kalau mau daftar caleg provinsi, daftarnya ke KPU provinsi, begitu juga kalau DPR RI daftarnya ke KPU RI di pusat,” tandasnya. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI