KPU Garut Tetapkan Lima Parpol untuk Diproses ke Tahapan Penelitian Administrasi

GARUT, (GE).- Baru-baru ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menetapkan lima partai politik (parpol) untuk ditindaklanjuti pada tahapan penelitian administrasi. Menurut pihak KPUD Garut, hal ini merupakan tindaklanjut dari Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor : 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017 tentang Tatacara Pendaftaran dan Pemeriksaan Dokumen Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 Pascaputusan Badan Pengawas Republik Indonesia.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Garut Divisi Hukum, Reza Alwan Sovnidar, pascaputusan Bawaslu RI, untuk 9 parpol calon peserta Pemilu 2019 yaitu PERSINDO, PBB, Idaman, Pika, PKPI, Bhinneka, PPPI, Republik, dan Partai Rakyat, KPU diwajibakan menerima kembali berkas untuk 9 parpol tersebut. Jadwal penerimaan berkas dari 9 parpol tersebut ditetapkan pada tanggal 20-22 November 2017.

“KPU Kabupaten Garut sudah melaksanakan Putusan Bawaslu RI yang dituangkan pada Keputusan KPU RI Nomer nomor: 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017,” kata Reza, Kamis (23/11/2017).


Diungkapkannya, sejak ditetapkan waktu penyerahan dokumen keanggotaan parpol hingga berakhirnya waktu penyerahan dokumen, tidak ada satu partaipun yang meyerahkan berkas baru ke kantor KPU Kabupaten Garut.

” Berarti hanya 5 parpol yang tercatat untuk ditindaklanjuti pada tahapan penelitian administrasi. Kelima parpol tersebut adalah Partai Idaman, PBB, PKPI, PIKA, dan Parsindo,” tukasnya.

Reza menjelaskan, parpol tersebut akan diteliti kesesuaian data anggota yang disampaikan kepada KPU. Kemudian apabila masih terdapat kekurangan, maka bersama sama parpol lain yang sudah diteliti pada tahap sebelumnya.

” Parpol tersebut akan diberi kesempatan memperbaiki berkas sampat tanggal 15 Desember (2018),” tandasnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI