KPU Garut Persiapkan TPS Ramah Disabilitas

ILUSTRASI.NET***

GARUT, (GE).- Pilkada adalah pesta demokrasi bagi seluruh masyarakat, termasuk para penyandang disabilitas. Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai mempersiapkan pembahasan dalam pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Penyediaan TPS ini dimaksudkan untuk memudahkan mereka dalam menyalurkan hak suaranya saat pencoblosan Pemilihan Bupati Garut dan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 27 Juni 2018.

“Kami menyampaikan kepada panitia di TPS untuk mempersiapkan tempat yang bisa diakses oleh saudara-saudara kita dari kaum disabilitas,” kata Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi kepada wartawan di Garut, Jumat (4/5/18).


Hilwan menjelaskan, kaum disabilitas yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2018 sebanyak 2.860 orang tersebar di 42 kecamatan di Garut. Data tersebut menjadi perhatian bagi panitia penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk memudahkan kaum disabilitas dalam akses ke TPS saat pencoblosan nanti.

“Misalkan, kalau di TPS tertentu tercatat ada penyandang disabilitas. Maaf, memakai kursi roda, maka di sana tidak boleh ada tangga,” kata Hilwan.

Penyelenggara Pilkada di tingkat TPS saat ini, lanjut Hilwan, akan lebih maksimal untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama bagi kaum disabilitas.

Bahkan, KPU Garu telah mempersiapkan surat suara yang khusus bagi kaum disabilitas seperti tuna netra.

“Kami menyediakan kebutuhan-kebutuhan tertentu bagi kaum disabilitas, misalkan di TPS ini ada tunanetra kami siapkan surat suara khusus bagi mereka,” katanya.

Selain itu, kata dia, KPU Garut juga memberikan bimbingan teknis kepada petugas PPS maupun KPPS seluruh kecamatan tentang pelayanan bagi kaum disabilitas.

“Ini bentuk perhatian kami kepada saudara-saudara yang memiliki kebutuhan khusus di daerah, kami juga siapkan petugas agar penyelenggaraan pilkada ini memudahkan mereka,” katanya. (MHI/GE)***

Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI