KPU Garut Mulai Verifikasi KTP Dukungan Tambahan untuk Balon Perseorangan

Beberapa komisioner KPU dibantu sejumlah stafnya mememeriksa berkas dukungan untuk para bakal calon peserta Pilkada Garut 2018, Senin (22/01/18)***

GARUT, (GE).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut akan mulai memverifikasi dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP) dukungan tambahan untuk bakal calon Bupati/Wakil Bupati Garut dari jalur perseorangan. Setelah verifikasi selesai kemudian pada 12 Februari 2018, balon perseorangan tersebut akan ditetapkan sebagai peserta Pilkada Kabupaten Garut.

“Kita  verifikasi dukungan KTP tamdahannya, baik administrasi maupun faktual,” kata Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi kepada wartawan di Garut, Senin (22/01/18).

Diungkapkannya, ada enam pasangan dari jalur partai politik dan jalur perseorangan yang mendaftarkan diri menjadi peserta Pilkada Garut ke KPU Garut pada 10 Januari 2018. Namun, masih ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi, termasuk jumlah dukungan KTP untuk pasangan dari perseorangan. “Proses penerimaan berkas persyaratan sudah selesai,” katanya.


Hilwan menjelaskan, dokumen persyaratan bagi empat pasangan yang didukung partai politik dan dua pasangan dari jalur perseorangan akan dilakukan proses penelitian administrasi lebih lanjut oleh petugas KPU, ” Untuk para calon dari parpol maupun perseorangan akan ada proses penelitian administrasi,” tukasnya.

Ketua KPU menyebutkan, dua pasangan perseorangan yakni Soni-Usep menyerahkan berkas kekurangan sebanyak 170 ribu dukungan dan pasangan Suryana-Wiwin menyerahkan berkas dukungan perbaikan sebanyak 160 ribu dukungan.

“Sesuai peraturan KPU,  harus memenuhi syarat minimal dukungan KTP warga Garut sebanyak 117.346 dukungan tersebar di 42 Kecamatan di Garut. Mereka dapat lolos persyaratan menjadi calon bupati apabila memenuhi syarat minimal 117.346 dukungan,” pungkasnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI