Kondisi Jalan Curam, Kasatlantas Polres Garut: Jalur Menuju Kawasan Wisata Darajat Termasuk Rawan Kecelakaan

MAPOLRES,(GE).- Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Garut, AKP Ardi Wibowo menyebutkan, jalur menuju kawasan isata Darajat, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut termasuk daerah rawan terjadinya kecelakaan. Kasatlantas menghimbau para pengguna jalan menuju kawasan ini harus ekstra waspada.

“Ya, jalannya memang terbilang sempit, sehingga rawan terjadinya kecelakaan,” kata Kasatlantas kepada sejumlah awak media, saat persiapan pengamanan lalu lintas hari libur panjang akhir pekan dan Idul Adha, Jumat ( 9/09/2016)

Di kawasan tersebut terdapat pemandian air hangat yang lokasinya berada di puncak perbukitan dengan kondisi jalur yang cukup sempit, tanjakan dan turunan curam serta banyak tikungan. Ditegaskannya, berdasarkan kondisi jalan inilah, maka pihaknya (Polers Garut) tidak merekomendasikan wisatawan untuk berwisata ke kawasan Darajat, Garut.

“Namun kita hanya bisa memberikan himbauan untuk tertib berlalu lintas dan selalu waspada saat berkendara. Kita (polisi/ red.) tidak bisa membatasi warga untuk berwisatawan ke sana,” tukasnya.

Ditegaskannya, sebagai upaya menjaga arus lalu lintas kendaraan di jalur wisata, pihak Polres Garut akan berkoordinasi dengan jajaran Polsek Samarang dan Pasirwangi.

“Kita koordinasi dengan polsek untuk pengamanan jalur wisata Darajat,” katanya.
Belakangan ini, Kawasan Darajat yang berlokasi di kaki Gunung Papandayan itu emnjelma menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang seringkali ramai dikunjungi. Bahkan di saat musim libur panjang , jalur menuju kawasan darajat kerapkali menimbulkan kemacetan parah. (Tim GE)***